Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Blog Moko31 Tembus Hits 300.000 pengunjung

8 Comments


UPDATE-Oct 2012 Update June 2014

Memelihara blog bisa dikatakan susah-susah gampang. Gampangnya adalah ketika ada ide lewat langsung ditulis bisa lancar menulisnya. Atau tugas kuliah, bisa langsung diupload ke postingan. Susahnya adalah: kudu telaten, rutin ngecek, bales comment dari pembaca, mencarikan info yang diminta, dan perbaiki sana-sini supaya pembaca tidak kabur dari blog kita, tidak bosan karena informasinya bermanfaat, tidak bosan karena selalu diupdate dan selalu ada hal yang baru.

Tidak terasa sudah Juni 2011 Oktober 2012 Juni 2014, tepat 3 tahun 4 tahun 4 bulan 6 tahun yang lalu (Juni 2008) blog ini dibuat. Seiring perjalanan waktu, akhirnya sekarang sudah mencapai 300.000 sekitar 670.000 1.520.000 pengunjung. Moko31, pada awalnya hanya berisi abstrak karya tulis yang pernah saya buat tempo dulu. Ketika ambil pendidikan apoteker, lewat blog ini saya share bahan kuliah, tugas, atau soal ujian. Kian lama kian berkembang ke tulisan fresh tentang marketing farmasi yang kian menarik aja untuk dibahas. Juga menghadirkan topik kesehatan terutama obat-obat yang sering dipakai di masyarakat, baik obat modern maupun obat herbal.

Moko31, blog ini berisi 140 253 363 posts, 47 51 53 pages, dan 928 1297 1760 comments. Pengunjung pada awal-awal dibuat berada pada level 1 digit, kemudian stabil di angka 350 mulai Oktober 2009. Hal ini karena mulai bulan tersebut saya men-share bahan kuliah saat ambil Profesi. Kemudian, mulai Oktober tahun selanjutnya pengunjung mulai stabil di angka 500/hari 1500/hari sampai sekarang. Statistik mencatat hari tersibuk dilihat adalah pada tanggal 14 Desember 2010 3 Oktober 2012 18 Maret 2013 yaitu sebanyak 782 1781 227 pengunjung. Saat ini, blog ini telah dilanggan oleh 22 102 149 active subscribers.

Sepanjang sejarah, postingan apakah yang paling laku? Ternyata artikel berjudul “SAKIT TENGGOROKAN: FG Troches, SP Troches, Degirol, atau Strepsils?” menduduki posisi favorit dan telah dibaca 20,302 70.947 179.530 kali. Artikel ini saya buat saat masih PKPA di Apotek UGM, Juni 2009.

Ada banyak kisah seru? Tentu saja, berikut ceritanya.

Jika dilihat dari kata kunci yang dimasukkan pembaca, yang paling banyak adalah fg troches, obat sakit tenggorokan, fitofarmaka, (new: penggolongan obat), cataflam, melissa officinalis, analisis swot perusahaan, dan tugas medical representative. Analisisnya adalah, ternyata banyak pembaca yang mengandalkan informasi obat-obat yang dikonsumsinya dari internet. Rata-rata obat yang ingin dicari adalah obat OTC atau juga obat keras namun sering diresepkan misal cataflam atau FG troches. Bagi Anda seorang Farmasis, manfaatkan peluang ini dengan cara menulis postingan mengulas obat-obatan yang sering digunakan oleh masyarakat, disajikan dengan informatif dan gunakan bahasa yang mudah dicerna. Selain obat-obatan, posisi herbal juga tinggi di masyarakat. Masih banyak orang yang ingin tahu apa beda jamu, OHT, dan fitofarmaka ternyata. Selain itu, kata kunci tanaman obat dalam bahasa latin juga menunjukkan hits yang tinggi.

Gara-gara banyak menulis tentang obat, dikira saya adalah seorang dokter dan mereka berkonsultasi masalah penyakit mereka, resep yang mereka terima, dsb. Untuk obat-obat, oke bisa saya jawab dan memberi penjelasan. Tapi untuk diagnosis, maaf  itu bukan domain saya. Saya seorang apoteker, yang tampaknya profesi ini memang belum banyak dikenal oleh pembaca dan masih mengira saya dokter, sehingga saya putuskan mengganti Judul blog ini menjadi “Moko Apt”.

Analisis SWOT perusahaan, khususnya perusahaan farmasi memang masih jarang dibahas. Sumber yang cukup lengkap tentang info ini adalah dari SwaMajalah, namun saat ini ternyata situs ini tidak lagi memberikan artikel secara gratis namun sekarang dijual senilai Rp 5000-150000/artikel. Hmm…atau Swa melakukan ini karena banyak artikel tentang kefarmasian saya arsip di blog ini, pembaca bisa membaca secara gratis di page MAJALAH SWA. Lalu, bagaimana dengan artikel dengan topik medical representative? Memang saya akui, masih sedikit orang menulis artikel seperti ini, bisa dipastikan setiap orang yang memasukkan kata kunci di atas, otomatis akan “nyangkut” ke blog ini. Dilihat dari komentar-komentar pembaca, rata-rata mereka adalah Medrep baru yang belum banyak tahu tentang profesi ini.

Cerita seru lainnya? Dulu pernah diSMS sama manajer suatu perusahaan MNC gara-gara saya menulis artikel tentang konsep Lean Sigma, juga pernah ditelpon wartawan Tempo yang tertarik dengan artikel Terapi DM berbasis inkretin, suatu pendekatan baru dalam terapi DM masa kini. Saat saya mengikuti suatu pameran Obat Herbal di Jakarta, seorang pengunjung yang datang ke stand kami (KP4 dan Farmasi UGM), setelah kami bersalaman “Apakah Anda penulis blog Moko31 itu?” Ogh, bapak, membuat saya kaget seketika.

(New: Waktu seminar di UMS Solo ketemu ma Pak Nadjeb, yang komentar di bawah postingan ini, beliau dari Makasar. Juga waktu seminar ICMP di Unsoed ketemu dosen Unpad yang tertarik ma koleksi ebook dan sampe bilang terima kasih berkali-kali, haha.. Terus tadi malam ngobrol ma anak PKPA di industri, anak-anak Farmasi dari universitas lain ternyata pada bawa Buku Sakti Ujian Profesi. Ada juga dosen UMY yang nanyaian Buku Sakti, saya suruh search di Google aja, katanya udah ketemu).

Terakhir, saya ucapkan Terima kasih atas masukan2, diskusi, dan saran-saran dari pembaca semua. Mari terus berkarya dan Menebar Ilmu pengetahuan.

Sarmoko, May end 2011 Oct 2012 June 2014

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

8 thoughts on “Blog Moko31 Tembus Hits 300.000 pengunjung

  1. Pada saat ini telah tercapai 1,494,417 hits
    Selamat yach.
    Teriring doa semoga wawancara pada hari Senin 09 Juni 2014 nanti memudahkan langkahnya untuk lanjut studi S3 ke NAIST.
    Titip salam buat Kanaya Sensei

  2. Keren mok..

  3. Selamat & sukses selalu buat anda.

  4. Selamat dan sukses selalu…….

  5. no pain, no gain … tetap semangat !! hidup blogger indonesia

  6. Ajarin melihara blog pak.. hhehehe…

  7. wah luar biasa sekali blog ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s