Kenali obat Anda: Voltaren


Voltaren adalah obat antiradang dari Novartis yang mengandung natrium diklofenak. Voltaren termasuk dalam obat golongan NSAID (non-steroid anti-inflammatory drug). Voltaren tersedia dalam bentuk beragam yaitu:

  • Voltaren 25 EC tab 25 mg (Voltaren Enteric Coated kekuatan 25 mg)
  • Voltaren 50 EC tab 50 mg (Voltaren Enteric Coated kekuatan 50 mg)
  • Voltaren SR tab 75 mg (Voltaren Sustained Release/ lepas lambat kekuatan 75 mg)
  • Voltaren Retard tab 100 mg (Volataren Retard kekuatan 100 mg)
  • Voltaren injeksi 75 mg/3 mL
  • Voltaren Emulgel untuk pemakaian luar

Apakah kandungan Voltaren?

Voltaren mengandung natrium diklofenak (sodium diclofenac).

Apa beda Voltaren dengan Cataflam?

Keduanya sama-sama diklofenak, beda di bentuk garamnya. Voltaren adalah garam natrium diklofenak sedangkan Cataflam adalah garam kalium diklofenak. Cataflam cepat bekerja, onsetnya cepat, sedangkan Voltaren adalah delayed-release.

Apakah kegunaan Voltaren?

Voltaren diindikasikan:

  • Untuk menghilangkan tanda-tanda dan gejala osteoarthritis, dosis yang direkomendasikan adalah 100-150 mg/hari dibagi dalam dosis terbagi (50 mg b.i.d. atau t.i.d., atau 75 mg b.i.d.). (b.i.d = 2 x sehari, t.i.d. = 3 x sehari)
  • Untuk menghilangkan tanda-tanda dan gejala rheumatoid arthritis (RA) (suatu penyakit autoimun adanya peradangan pada sendi), dosis yang direkomendasikan adalah 150-200 mg/hari dibagi dalam dosis terbagi (50 mg t.i.d. atau q.i.d., atau 75 mg b.i.d.). (q.i.d. = 4 x sehari)
  • Untuk menggunakan akut atau jangka panjang dalam menghilangkan tanda dan gejala ankylosing spondylitis (AS, salah satu bentuk artitis utamanya berpengaruh pada tulang belakang), dosis yang direkomendasikan adalah 100-125 mg/hari, diberikan sebagai 25 mg q.i.d., atau dengan tambahan dosis 25-mg saat akan tidur, bila perlu.

Sebenarnya banyak hal yang berpengaruh pada dosis pengobatan yang dibutuhkan pasien. Faktor-faktor tersebut misalnya bobot badan, kondisi kesehatan, dll. Jika dokter merekomendasikan dosis yang berbeda dari daftar di atas, jangan mengganti dosis sendiri tanpa konsultasi terlebih dahulu.

Jika Anda terlupa satu dosis, segera minum saat teringat dan lanjutkan sesuai jadwal biasanya. Namun jika teringatnya mendekati waktu saat minum berikutnya, lupakan saja dosis terlupa tadi dan minum satu dosis saja, jangan men-double. Jika Anda ragu-ragu, segera kontak Apoteker Anda.

Apa yang harus saya perhatikan selama menggunakan Voltaren?

Obat ini dapat meningkatkan risiko ancaman/life-threatening jantung atau masalah sistem sirkulasi, termasuk serangan jantung atau stroke. Jangan gunakan obat ini sebelum atau setelah operasi bypass jantung (coronary artery bypass graft, CABG).

Carilah bantuan darurat jika Anda memiliki gejala-gejala jantung atau masalah sistem sirkulasi seperti sakit dada, lemah, sesak napas, berbicara cadel, atau masalah dengan penglihatan atau keseimbangan.

Obat ini juga dapat meningkatkan risiko efek serius pada perut atau usus, termasuk perdarahan atau perforasi. Keadaan ini dapat menjadi fatal dan efek gastrointestinal dapat terjadi tanpa peringatan. Orang dewasa mungkin memiliki risiko lebih besar dari efek samping serius gastrointestinal. Panggil dokter jika Anda memiliki gejala perdarahan di perut atau usus. Gejalanya termasuk tinja hitam, berdarah, atau batuk darah atau muntah seperti ampas kopi.

Hindari terkena sinar matahari atau sinar UV buatan (atau sunlamps tanning bed). Diklofenak dapat membuat kulit Anda lebih peka terhadap sinar matahari dan sinar matahari dapat menyebabkan rasa terbakar.

Apa yang harus saya hindari saat menggunakan Voltaren?

  • Jangan menggunakan OTC (obat bebas) lainnya, alergi, atau pain-killer tanpa terlebih dahulu meminta saran dokter atau apoteker. Banyak obat-obatan yang tersedia berisi aspirin atau obat-obatan lainnya yang mirip dengan diklofenak (seperti ibuprofen, ketoprofen, atau naproxen). Bacalah label dari setiap obat-obatan lainnya yang anda gunakan untuk melihat apakah berisi aspirin, ibuprofen, ketoprofen, atau naproxen.
  • Jangan minum alkohol saat mengambil diklofenak. Alkohol dapat meningkatkan risiko pendarahan perut disebabkan oleh diklofenak.
  • Hindari terkena sinar matahari lama-lama. Diklofenak dapat meningkatkan sensitivitas dari kulit ke sinar matahari. Gunakan sunscreen dan memakai pakaian pelindung bila terkena sinar matahari yang tidak dapat dihindari.

Bagaimana keamanan Voltaren untuk ibu hamil?

Diklofenak telah ditetapkan masuk kategori C untuk kehamilan sebelum 30 minggu dan kategori D mulai untuk kehamilan 30 minggu oleh FDA. Penggunaan NSAID diklofenak pada saat akhir kehamilan (setelah 30 minggu kehamilan) dapat menyebabkan penutupan dini ductus arteriosus dan memperpanjang persalinan. Penelitian terhadap hewan uji gagal untuk mengungkapkan bukti teratogenisitas, meskipun dapat menginduksi toksisitas ibu dan janin. Diklofenak dapat diberikan selama kehamilan hanya jika potensi manfaat lebih besar daripada potensi risiko.

Bagaimana keamanan Voltaren untuk ibu menyusui?

Tidak diketahui apakah diklofenak diekskresikan dalam air susu manusia, namun ada laporan kasus dalam literatur menunjukkan diklofenak dapat dideteksi pada tingkat yang rendah dalam ASI. Karena banyak obat diekskresikan dalam air susu manusia dan karena potensi efek samping yang serius pada bayi, keputusan harus dibuat apakah akan menghentikan menyusui atau menghentikan obat, dengan mempertimbangkan pentingnya obat untuk ibu.

Obat ini tidak direkomendasikan dipakai untuk siapa?

  • alergi terhadap diklofenak atau kompenen lain pada obat ini (list daftar tambahan obat ada di halaman ini pada bagian bawah)
  • ibu yang sedang menyusui
  • sedang mengkonsumsi NSAID yang lain
  • kehamilan trisemester ketiga (setelah 28 minggu)
  • akan atau baru saja operasi heart bypass
  • usia kurang dari 16 tahun (Menurut data dari Medscape dinyatakan bahwa “keamanan dan efikasi belum established, tetapi obat ini aman pada sejumlah anak-anak usia 3-16 tahun yang menderita juvenile rheumatoid arthritis)
  • sakit inflamasi pada lambung dan usus, seperti ulser lambung dan usus atau ulcerative colitis
  • memiliki pendarahan pada otak atau gangguan pendarahan
  • reaksi alergi terhadap asirin atau antiinflamasi yang lain
  • memiliki kadar kalium yang tinggi dalam darah
  • memiliki kegagalan jantung yang parah
  • memiliki gangguan fungsi ginjal
  • memiliki gangguan hati yang signifikan

Jika Anda sedang menggunakan obat lain selain Voltaren, sampaikanlah kepada dokter Anda.

Jangan gunakan Voltaren dengan obat ini, interaksi bersifat serius maka carilah penggantinya. Obat-obat tersebut yaitu:

  • ketorolak, ketorolak intranasal (suatu NSAID)
  • metroteksat (obat antikanker)
  • pemetrexed (obat antikanker).

Interaksi lainnya yaitu tipe signifikan, artinya perlu monitoring yang ketat.

Beberapa bahan alam yang harus dihindari ketika menggunakan obat ini adalah : teh hijau, american ginseng, produk keju (kolestiramin), cinamon, feverfew, jahe, ginkgo biloba

Merek lain yang serupa Voltaren

Merek generik lain dari diklofenak di Indonesia ada banyak. Berikut kemungkinan yang anda temui di apotek.

  1. Aclonac [ Pharos ]
  2. Anuva [ Novartis Indonesia ]
  3. Araclof [ Armoxindo Farma ]
  4. Cataflam [ Novartis Indonesia ]
  5. Cataflam Fast [ Novartis Indonesia ]
  6. Catanac [ Ethica Industri Farmasi -Joint Venture with Fresenius Kabi ]
  7. Deflamat [ Actavis ]
  8. Eflagen [ Sanbe ]
  9. Elithris 50 [ Armoxindo Farma ]
  10. Fenavel [ Novell Pharma ]
  11. Flamar [ Sanbe ]
  12. Flamar Tetes Mata Flamar… [ Sanbe Vision ]
  13. Flazen 50 [ Zenith Pharma ]
  14. Galtaren [ Galenium ]
  15. Gratheos [ Graha Farma ]
  16. Kadiflam [ Metiska Farma ]
  17. Kaditic [ Ifars ]
  18. Kaflam [ Kalbe Farma ]
  19. Laflanac [ Lapi ]
  20. Megatic Emulgel [ Ifars ]
  21. Merflam [ Mersifarma TM ]
  22. Nacoflar [ Phapros ]
  23. Nadifen [ Global Multi Pharmalab (GMP) ]
  24. Nadifen Tetes Mata Nadif… [ Global Multi Pharmalab (GMP) ]
  25. Nichoflam [ Nicholas ]
  26. Proklaf [ Harsen ]
  27. Raost [ Pyridam ]
  28. Renadinac [ Fahrenheit ]
  29. Renvol [ Otto ]
  30. Tirmaclo [ Mersifarma TM ]
  31. Troflam [ Tropica Mas Pharma ]
  32. Voltaren [ Novartis Indonesia ]
  33. Voltaren Emulgel [ Novartis Indonesia ]
  34. Volten [ Promed ]
  35. Xepathritis [ Metiska Farma ]
  36. Yariflam [ Yarindo Farmatama ]
  37. Zegren [ Lapi ]

 

Referensi

Medscape

Advertisements

14 thoughts on “Kenali obat Anda: Voltaren

  1. Saya menderita gangguan sendi rahang kiri, saya minum cataflam 50 sehari 2 x, kemudian sy diare dengan mulas yg hebat, sya minum norit 9 tblet mulas langsung berhenti, sy lanjutkan 6 tablet dan 6 tablet lg. Esok iangnya diare sdh sembuh, sendibrahang msh sakit dan pinggang sy sakit sekali sampai gsk bisa bangun selama 2 hr kenapa ya?

  2. seandainya ada pasien meminta cataflam 50mg tetapi diberikan voltaren 50mg , bagaimana efeknya ? apakah berbahaya ?

    1. perbedaan keduanya ada pada bentuk garamnya. voltaren Na diklofenak, kalau cataflam K diklofenak. Tergantung untuk tujuan bapak untuk efek yang bagaimana?

    1. diklofenak dan teh hijau, interaksinya adalah masuk Signifikan (dipantau scara ketat). Karena bisa meningkatkan risiko perdarahan

  3. mas mok.. hmm, klo non apoteker yang baca, pasti bingung di kalimat-kalimat awal dan akan bertanya2:
    “emangnya tanda2 dan gejala osteoarthritis gmn c?”

    mohon lebih dijelaskan lagi ya mas..^^

    1. Artikel sudah direvisi, diubah menggunakan kata-kata yang lebih membumi kok mas anung. osteoartritis artinya adanya inflamasi pada tulang

  4. Ini termasuk voltaren yang salep ya mok? (Voltaren Emulgel untuk pemakaian luar mungkin?) Wah, ane sering make nih mok klo terkilir ato sakit memar 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s