Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Takana Juo vs Takana Sajo

4 Comments


Screen Shot 2016-08-30 at 15.20.23

Oleh: Sarmoko

Jika Anda pernah tinggal di Pogung, atau kuliah di Fakultas Teknik UGM, bahkan yang ngaku kuliah di UGM,  pasti tau Takana Juo. Rumah makan padang yang terletak di selokan mataram Pogung Kidul-Rejo sangat melekat di kalangan mahasiswa UGM dan sekitarnya. Namun, pasti Anda kaget karena beberapa waktu yang lalu, rumah makan ini sempat tutup beberapa hari, dan ketika beroperasi lagi mulai kemarin, kok orang2nya (penjual, owner, pelayan -mas “bibir”) kok gak ada? Ada apa gerangan?

Sebelum membahas lebih dalam, mari kita kupas dulu sejarah rumah makan padang ini. Takana Juo, diambil dari bahasa daerah yang berarti Terkenang Juga. Rumah makan padang ini berdiri 3 tahun silam, dengan menyewa kawasan toko di sepanjang Selokan mataram Pogung, yang dulunya merupakan bekas fotokopian. Semula cuma satu blok ruangan, kian lama makin besar sehingga sekarang terdapat 3 ruangan besar dengan kapasitas bisa menampung 60 tamu.

Pada tahun pertama berdiri, menu masih sangat murah. Saat itu berkisar 2.500-3000 rupiah sudah bisa dapat menu ikan atau ayam. Strategi “murah” ini ternyata mampu menyedot perhatian masyarakat (mahasiswa), dengan beda 500-1000 rupiah dibanding rumah makan padang sekitar, sebut saja bu Tutik atau RM Ambun Pagi.

Hal yang menarik dari RM Padang ini adalah keramahan dari pemiliknya. Biasa menjadi kasir kalau gak Bapak, istri, atau anak perempuannya. Juga disediakan air putih di tiap meja, rasa kuah yang khas, dan sambal dalam 2 pilihan baik sambal ijo atau merah. Juga, dengan tawaran menu yang lengkap dan harga kompetitif, beroperasi dari pagi jam 9- 21, bisa dikatakan RM Padang ini “merajai” di kalangan mahasiswa UGM.

Namun kemarin, ke mana hilangnya RM padang Takan Juo? Ternyata ada masalah dengan pemilik yang menyewakan  bangunan tsb. RM padang ini ramai sekali, mungkin pemilik sewa ada strategi lain sehingga kepada owner RM Padang tidak diperbolehkannya memperpanjang masa sewa bangunan tersebut. Akhirnya, RM ini sempat tutup beberapa hari.

Namun, jangan kaget beberapa hari kemudian RM ini kembali beroperasi. Jangan kaget pula “dalemannya” juga beda. Mulai dari penjual, tawaran menu, service, dan RASA. Emang benar kata iklan mie sedap “Rasa emang gak pernah boong”. Takana Juo sekarang yang pemiliknya sudah ganti, dengan Rasa dan service yang berbeda pula. Beberapa memori tentang suasana RM padang ini telah terganti. Berganti dengan pelayan ibarat mesin uap jaman James Watt yang gak pernah lepas dari kepulan rokok, sehingga pas keluar dari ruangan baju ini penuh dengan bau asap rokok. Puff..f..

Dan ada apa dengan Takana Sajo? Ternyata pemilik lama mendirikan RM Padang tepat persis di sebelah RM padang lamanya, dengan nama Takana Sajo. Hmm..sepertinya bakal ada “perang” dingin di antara kedua RM padang tsb. Bagaimana kelanjutan kehidupan mereka berdua? Kita lihat saja beberapa bulan ke depan, akankah pelanggan akan ke Takana Juo dengan orang2 yang telah berganti atau ke Takana Sajo dengan penjual lama yang dulu pemilik Takana Juo??

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

4 thoughts on “Takana Juo vs Takana Sajo

  1. mok, buka RM Takana bae di pwkt yuk : D
    padang bukan favorit q sih mok, tp 2,5 tahun di Palembang membuatku makan padang tiap siang..

  2. nice ^^, ckp menjawab pertanyaanku beberapa waktu lalu… sempat salah masuk juga gara2 namanya berubah. berada aneh waktu ga satupun pelayannya ku kenal dan menyapa ku dengan bahasa ibu kami…

    tagline nya kena bgt tu ^^.

  3. Di Gunung Putri juga ada rumah makan padang Takana Juo, julukannya TJ’s Cafe :p
    Cheers ^^

  4. tar kalo takana juo yang asli berdiri, harusnya ada tulisan “tidak buka cabang dimanapun”

    banyak sebenernya kasus kayak gini, pemilik gedung mau numpang tenar usaha yang disewanya.
    lama2 fans sejati takana juo pasti tau juga lah, kalo takana juo ga tergantikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s