Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Anis Baswedan: Memenangkan Masa Depan

2 Comments


Assalamualaikum Wr. Wb. Hari ini Anda memulai sebuah training. Republik Indonesia membutuhkan anak-anak muda seperti Anda yang memiliki karakter-karakter yang mampu memenangkan masa depan.

Saya memperhatikan beberapa hal yang sebenarnya diperlukan

Nomor 1 soal integritas. Indonesia membutuhkan orang-orang muda yang berintegritas tinggi. Indikasi dari integritas kita menurun adalah probelem korupsi yang  begitu rampak yang ada di mana-mana. Dan apabila kita ingin memperbaiki wajah republik ini di masa depan maka integritas harus dikembalikan.

Yang kedua, kita memerlukan anak-anak muda dengan kekuatan intelektual yang tinggi. Anak-anak muda yang menguasai state of the art knowlegde, bukan anak-anak muda yang hanya menguasai informasi atau pengetahuan sedikit-sedikit.

Yang ketiga adalah kepemimpinan. Kepemimpinan ini merupakan karakter yang memungkinkan anak-anak muda seperti Anda, di masanya nanti bisa menggerakkan lingkungannya, masyarakatnya, dan bangsanya. Untuk meraih kegemilangan.

Anda hari ini duduk, mengikuti sebuah training. Tapi Anda harus banyangkan, 20 tahun yang akan datang di saat Anda memasuki usia mature. Usia Anda berpotensi untuk mendorong perubahan. Anda harus membayangkan pada masa itu apa yang dibutuhkan, leadership ini menjadi penting.

Yang ketiga (keempat), adalah kemampuan mengantisiapasi perubahan zaman. Jangan seperti, berbagai organisasi kepemudaan yang senyatanya menyiapkan materi-materi training untuk menghadapi tantangan di masa lalu kita membutuhkan materi-materi training untuk menghadapi masa  depan. Karena itu, persiapkan diri kita, diri Anda, untuk mengantisipasi perubahan. proyeksikan ke masa depan, apa yang kira-kira akan terjadi.

Karena itu saya usulkan kepada Anda, di tiap pribadi Anda. Siapkanlah sebuah CV, tulis CV yang bagus, tetapi jangan ditulis tahun 2010. Anda tulis sebuah CV, seakan-akan hari ini tahun 2030, dan di sana Anda posisikan, Anda sebagai apa, memainkan peran apa. Ini yang perlu Anda bayangkan dari sekarang. Dengan begitu Anda nanti bisa memenangkan masa depan.

Oroginal video:

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

2 thoughts on “Anis Baswedan: Memenangkan Masa Depan

  1. postingan yg sangat inspiratif
    like this…b(^_^)

    • oke2. Sana mas, ikut Indonesia mengajar, masih sampai 31 Januari lho pendaftarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s