Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Kuliah tamu pak Joko Sujono dan Bu Evie Yulin

Leave a comment


Sapa yang tau Pak Joko? Itu direktur-nya Ferron Dexa punya. Tadi beliau presentasi yang ngena sekali apoteker, “Nilai-nilai luhur Kefarmasian”. Jlek. Apa maksudnya? Tema seminar yang diangkat adalah eight star pharmacist, semboyan di sematkan WHO kepada profesi apoteker (pharmacist), diantaranya adalah care giver, leader, communicator, dst. Bagus emang star-star tersebut, namun bukannya semua itu juga ada pada profesi lai?

Satu per satu dikupas. Mulai dari sejarah farmasi sebelum masehi, sampai perkembangan sekarang yang udah masuk ke bioteknologi dan combinatorial. Ternyata dilihat dari sejarah, dari semua lini perkembangan obat, kita, apoteker bisa berperan. Tentunya tiap lini, memiliki domain ilmu yg berbeda, misal apoteker di industri tentu beda ma apoteker yg di RS, apotek, di marketing, dsb. Walau berbeda-beda, kita kudu pegang satu prinsip yg ternyata walo berbeda-beda tp satu nilai juga yaitu “nilai-nilai luhur kefarmasian”.

Emang sulit didefinisikan apa itu maksdunya, namun itu bisa dirasakan oleh kita karena kita telah melafalkan Sumpah, Sumpah Profesi Apoteker, yang sedemikian sakral, yang profesi lain walo bermain di domain obat, tidak pernah disumpah profesi. Satu cerita menarik dari pak Suwidjiyo Pramono, ketika ada proyek dari pemerintah yang akhirnya dimenangkan tendernya oleh suatu institut pertanian terkenal. Pak Pram heran, ni kok hasil KLT nya bagus sekali. Telisik punya telisik, ternyata mereka menonjolkan spot di klorofilnya. Ya wajar, mereka bukan apoteker, walo sama-sama bermain di tanaman obat, tentu soul-nya beda, feel ketika mengerjakan pasti berbeda, dan mungkin goalnya juga beda.

Pembicara lain dari Mbak Evie, manajer Pemasaran PT Merck Serono. Keren, cara ngomomngnya pinter dan enak diikuti. Bahasa Inggrisnya fluent bro.., runut dari slide 1 sampai selesai enak-lah diikuti. Ya iya secara sejak lulus apoteker, langsung kerja di marketing. Dari Astra zeneca, Sanovi-aventis, dan MNC lain digelutinya. Pinter, cantik, dan wajar kalo pak Joko Wahyono bilang “Dulu, mbak Evie ini adalah ratu kampus UGM”. Ck..ck…

Beliau menyampaikan peran apoteker pada domain Marketing, dan strategi-strategi apa yg dilakukan terhadap perubahan di bidang farmasi global dan Indonesia saat ini. Dimulai dari kondisi Indonesia sekarang, masalah kesehatan di Indonesia, asuransi, harga obat yang dibeli masyarakat dengan kantongnya sendiri, regulasi pemerintah, dan ancaman serta tantangan dalam menghadapi perubahan-perubahan tersebut.

Presentasi diakhiri dengan contoh produk Glucovac, suatu pil fixed combo-kombinsi metformin dan glibenklamid untuk terapi DM type 2. Ternyata, dalam pembuatan brosur memerlukan proses yang panjang. Dilakukan suatu riset terhadap apa-apa saja yang harus ada di brosur, dan ini dilakukan dengan cara menggali apa yang ingin diketahui oleh prescriber (dokter). Penggambaran produk pun diperlukan, digambarkan dengan model 2 anjing di padang es, yg berjalan berdua menuju tujuan yg sama. Dikatakan, message dengan gambar lebih efektif dan mudah diinget oleh dokter, dan cara detailing pun harus beda dari rep lainnya.

Strategi lain, karena DM type 2 merupakan penyakit degenaratif yang pengobatannya sepanjang hidup, maka juga dipikirkan kepada mereka pasien yang loyal dengan memberikan paket-paket diskon di bulan ke 4, 6, dst.

Bagaimana promosi ke apoteker? Sebenarnya dg PP 51 sudah ada angin segar, namun apoteker belum berani mengambil peluang itu. Seperti analogi dari pak Joko ini : “Ada tikus yang bertahun-tahun di kurung dalam kawat dialiri listrik. Listrik udah dimatikan, kawat udah di buka, namun tikus masih berfikiran mereka masih dikurung dan gak mau keluar”. Hmm….tampaknya sebuah kondisi yang tepat untuk menggambarkan apoteker sekarang. Kepda para apoteker, mari tunjukkan kita beda, tunjukkan kompetensi, advise kepada masyarakat. Dengan itu, kita akan tampil beda. Jadilah frontliner, jangan kalah ma tukang obat atau penjual tahu. OK.

Artikel Terkait: Seven Star Pharmacist

Tulisan ini sy tujukan untuk para sahabat yg sekarang sedang merindukan suasana kampus Fa UGM.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s