Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Sukses Kuliah di Pasca Sarjana

1 Comment


Kuliah di tingkat pascasarjana, saat ini merupakan tuntutan untuk dapat bersaing di era kesejagatan (baca: globalisasi). Mengapa? Karena di era kesejagatan tersebut, Negara yang dapat eksis di percaturan dunia adalah negara yang memiliki SDM yang berkualitas dalam sisi keahlian dan produktivitas.

Pendidikan pascasarjana memiliki posisi yang strategis sekaligus amanah yang berat untuk menghasilkan SDM berkulaitas. Kita, sebagai mahasiswa pascasarjana harus menyadari peran dan fungsi kita agar Indonesia menjadi negara yang mampu bersaing di tingkat regional dan internasional, serta menjadikan rakyatnya lebih sejahtera.

Berikut ini ada beberapa kiat untuk menuai sukses kuliah di pascasarjana:

1. Penyajian informasi dengan opini

Kemampuan ini dapat dimiliki jika kita mampu melakukan analisis yang lebih kritis tentang data-data yang diperolah baik dari membcaa literatur kuliah maupu data hasil penelitain. Biasakan menyusun kembali informasi dari literature dengan kalimat sendiri, karena umumnya literature berbahasa inggris.

2. Pergunakan sumber-sumber yang up to date

Kemampuan ini dapat didukung memalalui keahlian melakukan penelitian (agar diperoleh data yang valid), kecerdasan dalam mencari literature di internet dan sumber lainnya, dan keahlian dalam menggunakan catalog dan databased literature.

3. Membaca banyak referensi secara efisien

Hal ini dapat dilakukan jika kita memiliki kemampuan teknik membaca yang efektif, memahami ide utama tentang informasi yang kita baca, kemudian membuat databased tentang literature yang telah dan akan kita baca.

4. Mebuat kelompok belajar

Dengan belajar bersama makan kepahaman dan persamaan persepsi terhadap mata kuliah yang ditempuh akan kita dapatkan.

5. Penghargaanb terhadao haka tas kekayaan intelektual

Hilangkan sifat buruk suka menyontek pekerjaan orang lain baik dalam ujian  kuliah maupun aktivitas penelitian, jangan melakukan plagiat.

6. Penggunan sistem penulisan literature yang benar

Hal yang harus diketahui untuk hal ini adalah bagaiamana cara menulis sumber litertatur yang diperoleh dari internet, buku teks, dll. Cara penulisan literature dapat dilihat pada buku panduan penulisan thesis dan disertasi yang diterbitkan oleh sekolah Pascasarjana UGM.

7. Penulisan tesis dan makalah publikasi sesuai standar

Hasil penelitian yang dilakukan pada masa kuliah, hendaknya dapat dipublikasikan di majalah atau jurnal ilmiah bersakala nasional bahkan internasional. Langkah publikasi internasional diharapkan dapat mendongkrak prestasi Indonesia dalam hal jumlah publikasi ilmiah internasional, di dalam kancah persaingan akademis dengan negara lain.

Akhirnya yang tidak boleh dilupakan oleh kita sebagai mahasiswa pasacasarjana adalah berdoa kepada Allah SWT setelah segenap upaya kita lakukan. Dalam hal ini kita harus yakin bahwa manusia wajib berusaha namun Allah juga yang menentukan. Selamat datang para calon profesional, selamat berkarya. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi langkah-langkah kita. Amin.

Sumber: Buku saku Himmpas UGM

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Sukses Kuliah di Pasca Sarjana

  1. terimakasih untuk tulisannya. saya mahasiswa pasca s2 UN maulana malik ibrahim malang univ islam terbaik 2011 se indonesia, yang perlu masukan dan seluk beluk tentang kuliah pasca supaya kuliah cepat kelar dan nilai ipk dan praktek cemerlang.mohon terus telorkan tulisan-tulisan serupa dan ka berkenan saya sangat senang ika di krim email tentang tulisan tsb. T kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s