Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Interaksi Obat

Leave a comment


“Kuliah interaksi obat kali yang menyenangkan” begitu komentar beberapa teman, dan saya pun mengiyakan. Dosen-dosen jelasinnya enak. Apa mungkin karena bersifat review dari materi pak Waldi dan Bu Chairun kali sehingga lebih cepet nyantol. “Mengapa kita perlu belajar interaksi obat? Ini penting karena sebenarnya outcome dari terapi adalah jumlah bersih dari interaksi antara pasien, lingkungan, obat dan penyakit” tanya Prof Lukman.

Multiple drug therapy dapat menimbulkan interaksi obat. Definisi interaksi obat adalah alteration efek atau potensi suatu obat (victim drug) oleh pemberian obat secara bersamaan dengan obat utama (perpertrator drug). Jika interaksi menghasilkan penghilangan efikasi atau menaikkan toksisitas, maka interaksi obat bermakna terapetik. Perpertrator drug: obat yang mempengaruhi. Victim drug: obat korban.

Jadi, jangan terlalu takut. Walau secara teori (uji in vitro/in vivo) terjadi interaksi, tapi kalo secara klinis gak muncul ya gak masalah. Ada juga interaksi yang terjadi pada sekelompok orang tertentu, tapi gak terjadi pada populasi manusia yang lain. Jadi harus dipakai metode pengujian pada ranah klinik.

Jadi kesimpulannya interaksi obat tidak terjadi pada setiap orang, walau secara teoretis iya. Kalaupun terjadi interaksi obat, belum tentu bermakana terapetik. Interaksi obat adalah sesuatu yang unpredictable. Interaksi obat juga bisa mengakibatkan kematian, jadi jangan disepelekan juga. Kata kunci dari Pak Lukman: “Jangan terlalu dicemaskan, jangan juga diremehkan”.

Baca lebih lanjut:

Interaksi Obat pak lukman

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s