Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Agen Trombolitik

2 Comments


Agen trombolitik yaitu agen yang bisa melisiskan jendalan-jendalan di pembuluh darah. Contoh kasus penyakit stroke dan acute myokard infarction. Kalau pembuluh bebas dari clot (jendalan), maka penyakit tadi bisa sembuh. Agen untuk menghilangkan clot  adalah tPA ato tissue Plasminogen activator. Bagaimana penjelasannya?

Secara normal  dalam tubuh ada trombosis. Tugas trombosis adalah menghilangkan clot-clot di vessel biar sistem homeostasis tetap terjaga. Proses penghilangan clot tersebut dinamakan fibrinolisis.

Prosesnya sebagai berikut:

Pertama, ada pengubahan PLASMINOGEN menjadi PLASMIN, nah plasmin ini yang memicu degradasi fibrin (clot tadi). Pengubahan plasminogen menjadi plasmin dilakukan oleh tPA, nah di sinilah peran tPA muncul.

Alteplase

Yang perlu diketahu lagi, tPA mempunyai 5 domain yaitu: F, P, EGF, K1, dan K2. tPA yang pertama kali di pasarkan mereknya Alteplase (buatan Genentech). Pada zaman segitu (1987), produksinya masih pake cara lama, jadi difermentasi di medium CHO (chinese hamster ovary), lalu difiltrasi pakai kromatografi. Ya masih jadul lah, belum pake cara DNA rekombinan.

Obat ini pertama diindikasikan untuk acute myocardial infarction, cukup banyak menyelamatakan ribuan nyawa (saat itu). Bahkan, obat ini jadi first line-nya lho.. Namun ada kelemahannya:

– half life-nya sangat singkat, cuma 3 menit

– risiko besar terjadinya hemorage (pendarahan)

Reteplase

Ini merupakan modifikasi dari Alteplase untuk menjawab kekurangan di atas. Obat ini keluar dengan merek (Ecokinase, Retavase dan Rapilysin). Apa kelebihannya? Ternyata half-lifenya sampai 20 menit (wow..). Kok bisa?Jadi begini, dia dalam produksinya sudah pakai rekombinan, yaitu di kultur E. coli. Tau sendiri E. coli kan prokariot, jadi tidak ada proses glycosylation. Akibatnya EGF dan K tidak terekspresi, dan half-life nya makin panjang. Perlu diketahui, Reteplase only punya 1 domain yaitu F doank. (yang fungsinya promotes tPA binding to fibrin with high affinity).

Tenecteplase

Dipasarkan dengan brand Metalyse. Diproduksi di CHO cell lines, berbeda dengan origin pada 6 AA nya. AA nya apa saja gak usah tak sebutin ya… Intinya, dari modifikasi ini half-lifenya makin panjang berkisar 15-19 menit. Juga jadi lebih resisten terhadap PAI-1 (plasminogen activator inhibitor 1, a natural tPA inhibitor).

Streptokinase

Diproduksi pada Streptococcus haemolyticus. Ditemukan tahun 1933, namun kekuranganya adalah dia menyebabkan reaksi imunologis. Obat ini digunakan untuk penyakit:

– pulmonary embolism

– deep-vein thrombosis

– arterial occlusions

– acute myocardial infarction.

Apa kekurangan obat ini? Sebelum itu, tak ceritain dulu mekanisme kerjanya:

Streptokinase berikatan spesifik dan kuat pada plasminogen. Induksi ini membuat perubahan konformasi pada plasminogen dan siap menjadi proteolitik aktif. Lalu, streptokinase–plasminogen complex mengkatalisis konversi plasminogen menjadi plasmin aktif (dan PLASMIN ini siap lisis clot). –> sama kayak ceirta2 di awal di atas.

Karena berasal dari protein bakteri makanya bersifat antigenik. Reaksinya yaitu swelling, constriction of the bronchioles, circulatory collapse and heart failure.

Kekurangan lainnya adalah naiknya risiko hemorage. Kok bisa? ternyata Streptokinase-activated plasminogen berkemampuan tidak hanya melisiskan fibrin doank, tapi juga free plasma fibrinogen. Ini hasilnya menurunkan level serum fibrinogen akhirnya sistem haemostatic terganggu. Jadi obat ini tidak boleh diberikan pada pasien yang menderita coagulation disorders atau kondisi bleeding conditions seperti ulcers.

UROKINASE

Diisolasi dari urin manusia, karena dari komponen manusia makanya tidak imunogenik. It is capable of proteolytically converting plasminogen into plasmin (mekanisme sama lah ma yg laen). Diindikasikan untuk pulmonary embolism.

Cara bikinnya: urin dijerap pake adsorbent biasanya pakai silica gel atau kaolin. Kemudian diendapkan pakai NaCl, am sulfat atau etanol (inget praktkm biokimia pengendapan protein). Kemudian purifikasi pakai HPLC. Senyawa ini relatif stabil, jadi bisa diinkubasi pada suh sampai 60 derajat C. After its purifi cation, sterile filtration and aseptic filling, human urokinase is normally freezedried. Urokinase dapat juga diproduksi dengan teknik sel kultir hewan atau pakai teknologi DNA rekombinan.

Staphylokinase

Merupakan protein yang diprosuksi oleh S. aureus. Secara terapetis sama ma Streptokinase, namun mekanisme cara kerjanya agak beda. Pengikatan staphylokinase pada plasminogen pada awalnya menghasilkan kompleks staphylokinase-plasminogen (tidak aktif). Namun, entah bagaimana pembentukan kompleks selanjutnya menginduksi pembelahan proteolitik yang terikat plasminogen untuk membentuk plasmin, yang tetap complexed ke staphylokinase. Kompleks ini (melalui plasmin) kemudian muncul untuk mengkatalisasi konversi free plasminogen menjadi plasmin, dan mungkin bahkan mempercepat proses konversi lain kompleks staphylokinase-plasminogen menjadi plasmin staphylokinase-kompleks. Efek bersih adalah generasi plasmin aktif, yang menunjukkan efek trombolitik langsung dengan menurunkan clot berbasis fibrin, seperti yang dijelaskan sebelumnya

Protein serum α2-antiplasmin dapat menghambat kompleksplasmin-staphylokinase aktif . Tampak bahwa α2-antiplasmin dapat berinteraksi dengan plasmin aktif separoh dari kompleks, mengakibatkan disosiasi staphylokinase, dan konsekuensinya pembentukan kompleks plasmin -α2-antiplasmin yang tidak aktif.

Sekian dulu, semoga bermanfaat !!

Daftar Pustaka

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

2 thoughts on “Agen Trombolitik

  1. Ini pustakany dari mn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s