Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

TIPS-TIPS MENJALANI PKL

Leave a comment


Disarikan dari acara: Sharing PKL bersama kakak angkatan (Mas Adam, Mb Tya, Mb Sendi), 11 November 2008

Berbeda dengan fakultas kebanyakan di UGM, justru PKL atau sekarang dikenal dengan PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) dilakukan setelah lulus S1. PKL memang membawa cerita tersendiri bagi mahasiswa, selama 2 bulan prakek di industri dengan harapan tahu bagaimana mengimpelentasikan ilmu-ilmu yang didapat ketika di bangku kuliah.

Kala itu, tanggal 8 Januari 2008 sekita pukul 14.00 suasana lobi unit IV riuh rendah. Ada apa gerangan? Ya gak salah lagi, plotting tempat dan waktu PKL telah diumumkan. Beginilah enaknya profesi di UGM, masalah ginian udah di urusin ma fakultas, jadi mahasiswa mah nurut-nurut aja mau di taroh di mana.

Terus, untuk PKL yang berlangsung selama 2 bulan. Nah apa-apa saja yang kudu dipersiapkan? Abis keluar pengumuman, terus apa yang dilakukan?

Kalo dapet di Jogja sih gak masalah untuk ngurusin tempat tinggal. Tapi kebanyakan PKL-nya di luar Jogja semua, Palembang, Jakarta, Jawa-Barat, Semarang, Solo, Pasuruan, dan Mojokerto. Jadi perlu tempat tinggal. Untuk yang satu ini, cari info kakak kelas yang kerja di pabrik tempat PKL atau yang tinggal di daerah tersebut atau yang dulu pernah PKL di sana. Jadi kita minta tolong dibooking-in sama kakak kelas yg PKL di sana, dicariin kos-kosan gitu

Pertama kali datang terus ngapain?

Tentunya janjian dulu ma perusahaan, konformasi ulang bahwa kita mau PKL di sana sesuai jjadwal yang telah disepakati. Jangan lupa bawa surat dari fakultas sebagai tiket masuk di sana. Langkah pertama, temui pak Satpam dihubingkan dengan coordinator PKL di pabrik, bisa bagian HRD ato QA. Jangan lupa kenakan pakaian rapi dan sepatu, jangan pakai jeans.

Abis itu Perkenalan diri Anda dengan koordinator & pembimbing, tanyakan jadwal PKL dan kemukakan apa yg ingin diketahui sehingga bisa disiapkan materinya. Nah, yang satu ini penting: Tanya peraturan, misal bawa Hp boleh gak? Untuk yang satu ini gak boleh di tawar-tawar lagi. Ingat! Jangan bawa makanan atau minuman selama di pabrik, jadi harus sarapan. Tanyakan mengenai minumnya. Terus, minta dipandu mengenai cara masuk pabrik (ganti pakaian kelas 4).

Sebelum PKL, mata kuliah apa nih yang perlu dipelajari atau di bawa selama PKL?

Perlu dipelajari :
Laporan PKL kakak kelas, kata Mas Adam sih yang kayak company profile udah disusun ketika di Jogja. Mbak Tia menambahkan, jangan nunggu PKL selesai baru bikin laporan, jadi harus dicicil.

Materi CPOB (wajib), juga PICs, TGA, JP, BP. Bahan2 kuliah Teknologi dari dasar sampai steril. Kata mas Oki, bawalah buku sediaan farmasi yang semester III (Hand-out Prof Sulih), di sana banyak membahas ttg mixer dll yg penting ketika PKL, Bahan2 kuliah Analisis, Bahan2 kuliah Farmasi Industri (validasi), Bahan2 kuliah Manajemen Farmasi Industri , dan Bahan2 kuliah Manajemen Produksi .

Selama PKL, ngapai aja sih?

Akan ada penjelasan umum industri dan masing2 divisi (orientasi). Ada tugas khusus pada masing2 divisi, di ujung PKL ada Presentasi (penilaian).

Atur strategi selama PKL:
1. Kroscek dengan dokumen di pabrik atau tanyakan ke staf di sana
2. Yang harus dikuasai : Water treatment; AHU : HVAC, AC split, fan, compressor, vacuum; Penanganan limbah; Storage control : flow barang masuk- keluar gudang, flow masuk material & produk dari produksi; Penanganan deviasi, klaim, change, OOS, dokumen, training, self inspection, vendor audit, audit eksternal; Validasi dan kalibrasi; Environmet control ; Insect and pest control; PPIC; dan Alur kerja RnD.

Masalah apa yang sering terjadi?
1. Tidak ada jadwal PKL.
2. Koreksi laporan oleh pembimbing industri lama.
3. Dicuekin, karena industri semua punya jobdes padat.
4. Deadlock (sesuatu yg baru).
5. Pembimbing sibuk, gak enak.
6. Industri gak siap menerima mahasiswa PKL, fasilitas terbatas.

Bagaimana pembagian kelompok?
Tergantung industrinya sih, ada yang tiap orang di 1 divisi saja selama 2 bulan; ada yang di-rolling tiap-tiap divisi à tiap anak dapat semua divisi

Bagaimana pembuatan laporannya?
Ada 2 macem: Laporan umum ma laporan khusus. Laporan umum meliputi: deskripsi industri secara keseluruhan dan deskripsi masing-masing divisi. Laporan khusus, berisi tugas khusus tiap-tiap anak di tiap-tiap bagian. Laporan dicicil dari mulai bulan pertama  bisa cepat selesai langsung direvisi oleh pembimbing. Baru kemudian laporan dijadikan satu.

Bagaimana agar bisa tampil dengan baik dan langsung ditarik kerja gitu?

Rajin, Kritis, Aktif, tapi gak berlebihan, Jaga nama baik UGM

Bagaimana jika ada mahasiswa dari Perguruan Tinggi Farmasi yang lain?
Ya kerjasamalah, jangan individualis, dan PEDE dengan kekurangan kita.

Apa aja tugas-tugas selama PKL?
Banyak !! ada: Cleaning validation, Analisis, Gap analysis, Man hour, Line clearance; IQ, OQ, PQ : machine and utility; Validasi metode analisis; Retrospective Validation dll.
Terus kata mas Oki sih, terserah aja di mana tempat PKL-nya. Yang jelas selama ada niatan untuk kerja kerasa dan kemauan belajar, pasti sukses. Ok fren, selamat PKL ria dan sukses yak!!

By: Sarmoko, Ketua Kelas Farmasi Sains dan Industri.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s