Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Analisis lingkungan pada perusahaan farmasi

Leave a comment


Perusahaan farmasi dan juga perusahaan yang lain mengalami perkembangan yang sabfat dinamis. Sehingga diperlukan analisis terhadap lingkungan perusahaan supaya bisa mengoptimalkan pertumbuhannya. Analisis lingkungan dilakukan karane tuntutan yaitu harus menghadapi perubahan lingkungan yang terjadi sepanjang waktu. Analisis ini bisa secara  internal maupun eksternal. Secara internal yaitu analisis dalam perusahaan itu sendiri.

Kita harus meningkatkan kapabilitas, sumber daya kita biar cocok untuk menghadapi dinamika yang terjadi di luar.

Aspek yang perlu dianalisis ada 5 yaitu:
1.    Bagaimana strategi saat ini dijalankan. Apakah sudah mencapai sasaran perusahaan? Kalau dinaikkan lagi apakah bisa menghadapi dinamika?
2.    Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) yang dihadapi. Reduksi kemahan seminimal mungkin.
3.    Struktur biaya perusahaan dibandingkan dengan pesaing. Struktur biaya jangan terlalu tinggi biar bisa bersaing.
4.    Kekuatan daya saing yang dimiliki perusahaan dibandingkan pesaing (innovationess, knowledge dan teknologi, R & D). Menciptakan space untuk training dan akumulasi pengetahuan dari karyawan. Menaikkan skill karyawan, menaikkan kualitas, kompetensi dan kapabilitas dari tenaga kerja.
5.    Issues strategis yang dihadapi oleh perusahaan. Contoh: di Indonesia biasanya yang dihadapi adalah tax (pajak).

Analisis SWOT meliputi analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.

Yang paling penting adalah INTANGIBLE ASET, antara lain:
1.    SDM (kualitas, kompetensi, kapabilitas karyawan).
2.    Sistem, sehingga potensi SDM bisa diaktualisasikan. Antara lain: sistem operasi, marketing, human resouces.

KSF: KEY SUCCESS FACTOR

Apa KSF itu?
Bisa dilihat dari marketing atau formulasi atau yang lain.  Jika R & D lemah, tidak bisa menghasilkan produk baru maka tidak bisa bersaing karena produk ada life-time-nya. Kalo pas decline, R & D harus punya inovasi-inovasi baru biar produknya bisa berahan dan tidak mati. Atau bisa juga pakai strategi-strategi marketing.

Strategi kita yang mau diimplementasikan harus didukung oleh sumber daya, dana, dll. Total Quality Management intinya continuous improvement, bagaimana secara terus menerus melakukan perbaikan-perbaikan pada perusahaan kita untuk mencapai KEPUASAN CUSTOMER.

Dengan sistem informasi yang baik, bisa melakukan perbaikan-perbaikan yang cepat, bisa tahu kira-kira bahan baku atau produk apa yang sudah mau habis dan di cabang mana sehingga bisa mengindari stock out.

Kunci strategi persaingan ada 4:
1.    Memahami perubahan lingkungan perusahaan. Lingkungan berubah, strateginya juga harus berubah.
2.    Antisipasi aksi kompetitor
3.    Memformulasikan strategi persaingan dinamis (mengikuti perkembangan)
4.    Memilih alternatif strategi bersaing.

Persaingan di pasar pada dasarnya adalah persaingan resources , kalu kita punya resources atau sumber daya yang unggul dan sistem yang baik dan dinamis maka kita bisa memenangkan persaingan  STRATEGIC RESOURCES.

Kalau perusahaannya bergerak parsial (bergerak sebdiri-sendiri), tidak inovatif, tidak fleksibel, lambat, maka perusahaan kita tidak bisa bersaing.

Perusahaan yang bisa survivie dalam jangka panjang:
–    Adaptif à fleksibel dalam menghadapi segala perubahan
–    Bisa megikuti semua perubahan lingkungan yang terjadi.
Industri : kumpuan perusahaan-perusahaan yag sejenis.

Kekuatan persaingan ada 5:
1.    Bargaining power of buyers.
Bagaimana posisi tawar dari pembeli.
2.    Bargaining power of supplies.
Biasanya di perusahaan farmasi ada recommended supplies. Jangan tergantung dari satu pemasok, posisi perusahaan kita akan rawan.
3.    Threat of news entities.
Ancaman dari pendatang baru.
4.    Threat of substitues.
Ancaman dari produk substitusi. Contoh: viagra ada produk baru Cialis yang harganya tidak jauh berbeda. Dipasarkan ke seluruh dunia dalam waktu satu tahun untuk antisipasi adanya produk baru.
5.    Competitive rivalry within the industry.

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s