Kenali obat Anda: Lelap SOHO


Obat Lelap Soho cukup terkenal karena sempat diiklankan di televisi beberapa tahun yang lalu. Biasanya obat golongan sedatif (memberikan efek tidur) seperti ini tidak boleh diiklankan masal dan harus dengan resep dokter.

Namun, karena Soho menggunakan bahan-bahan dari herbal dan mengambil kelas obat herbal terstandar (OHT), maka bisa dibeli di apotek tanpa harus resep dokter.

Informasi kegunaan di kemasan pun sederhana sekali, di situ tertulis “Kegunaan dan khasiat: Meningkatkan kualitas tidur, Membuat tidur lebih pulas”.

Apakah komposisi dari produk ini? Mari kita ulas satu per satu.

Valerianae radix

Arti kata di atas adalah akar tanaman Valeriana officinalis L. (Valerian). Valerian merupakan tumbuhan terkenal, sudah lama digunakan secara tradisional untuk menghilangkan gejala ringan stres mental dan untuk membantu tidur. Valerian adalah herbal medisinal untuk menghilangkan ketegangan saraf ringan dan gangguan tidur (EMEA, 2006: WC500017925.pdf).

Valerian tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 12 tahun, atau yang alergi terhadap Valerian. Selama memakai Valerian, tidak disarankan mengkonsumsi obat sedatif lain. Untuk ibu hamil dan menyusui, sebenarnya penelitian terhadap subjek ini belum ada datanya, namun menurut EMEA tidak direkomendasikan.

Kontra indikasi: Selama minum obat yang mengandung Valerian, tidak diperkenankan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.

Interaksi obat: Data interaksi dengan obat-obatan lainnya masih terbatas. Interaksi yang bermakna klinis pada obat-obat yang dimetabolisme oleh CYP2D6, CYP3A4/5, CYP1A2 atau CYP2E1 belum ditegakkan.

Efek tidak diinginkan meliputi gejala gastrointestinal seperti mual dan kram perut bisa terjadi setelah mencerna sediaan akar Valerian, namun frekuensinya belum diketahui (respon bisa berbeda-beda tergantung individu). Jika ada efek lain segera laporkan pada apoteker atau dokter, untuk dikonsultasikan.

Overdosis: Akar valerian pada dosis sekitar 20 gram (20.000 mg) menyebabkan gejala benigna yaitu fatigue, kram perut, penebalan dada, lightheadedness, hand tremor dan mydriasis) yang tampak pada 24 jam. Jika gejala-gejala ini muncul, maka perlu terapi suportif.

Kemungkinan mekanisme aksi yang berkontribusi pada efek klinik berlaku dari semua konstituen yang ada meliputi seskuiterpenoid, lignan, flavonoid dan interaksinya dengan sistem GABA, agonis pada reseptor adenosin A1, dan berikatan pada reseptor 5-HT1A.

Data keamanan preklinis: ekstrak etanol dan essensial oil dari akar valerian telah diteliti menunjukkan toksisitas yang rendah pada tikus selama uji akut dan pemberian dosis berulang periode 4-8 minggu. Sementara uji pada toksisitas reproduktif, genotoksik dan karsinogenesitas belum dilakukan.

Myristicae semen

Ini maksudnya adalah biji pala. Pala (Myristica fragan Haitt) merupakan rempah asli Indonesia, tepatnya berasal dari Banda dan Maluku. Pala sering digunakan sebagai ramuan untuk terapi gangguan tidur, stres, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan stamina.

Biji pala memiliki kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena, dan asam oleanolat.

Eleuthroginseng radix

Ini maksudnya adalah akar eleuthro ginseng.

Polygalae radix

Ini maksudnya adalah akar dari tanaman Senega (Polygala senega L.)

Advertisements

52 thoughts on “Kenali obat Anda: Lelap SOHO

  1. klo yg sering minum air beralkohol mukin obat nya egk akan mempan. temen saya jg sering minum beralkohol di bius ampe 4 kali egkmau pigsan.. sama dokter soal nya mau di oprasi. jd deh di oprasi nya sambil sadar

  2. aku penderita insomnia akut, sehari bisa tidur 3 jam udah bersyukur banget, apalagi skr punya baby yg jadwal tidurnya nggak menentu. pernah minum lelap gak ada efek sama sekali. obat penenang mujarab so far adalah stilnox tp gak dijual bebas. jd buat yg insome, konsul aja dokter, sapa tau dpt resepnya.

  3. Temen saya minum jam 10 malam,langsung tidur..bangun-bangun dah maghrib..jadi temen saya tidur 20 jam…

  4. Banyak yg koment gak ada efeknya, jadi kagak brani mau minumnya. Padahal baru aja gua beli tadi sore ni obat -_-

  5. Minum lelap jam 1 pagi, tidur jam 3pagi kebangun jam 6pagi karna perut mual bgt. Efekngantuk nya ga mau terlalu… Detak jantung rada aneh.tidur malah ga nyaman, mual mual

    1. Coba di periksa ke dokter , krn mungkin tidak bisa tidur gejala dr suatu penyakit serius, lagipula detak jantungnya rada aneh kan?

  6. Aku kok heran,akhir2 ini susah tidur.tp karena waktu nya yg kebalik kayak nya.tiap malam tidur jam 3 menjelang subuh,trus bangun jam 1 siang.nah jadi nya gitu terus sekarang jadwal tidur nya.gimana y cara mbalikin normal lagi.padahal beberapa hari lagi harus rutin kerja lagi…haduh bener2 bingung.

  7. Dmn” kl minum obat tdr atw obat yg da efek mengantuk na psti bkl tdr d jamin….
    Tp kl dh 2 tablet msh blm ngantuk jg tu mah boong bgt,aq aj minum obat gatel” yg da efek mengantuk na 2 tablet lsg tepar d atas kasur saking ngantuk na.
    Lah ni dh jls” obat tidur ko g ngantuk”,boong bgt.
    Mnm 15 tablet obat yg da efek mengantuk na aj bs smp 1-2 hr g sadar n sblm na mual muntah lsg d jamin.tu bt org yg kuat bdn na pas overdosis….kl yg g kuat bs muntah darah n lsg d bw k RS deh….hehehe

    1. G sadar krn pengaruh obat tidur na kuat,bs tdr smp 1-2 hr….
      Sehari aj da 24jam lah kl dua hr bs” 48jam tdr g bgn”….hehehe

  8. Dulu tahun 2008 pernah konsumsi Lelap rutin tiap malam,minumnya sekitar jam 8 malam,bisa tidurnya sebelum jam 12 malam,berperngaruh menurutku si,karna waktu itu lagi susah tidur,biasa tidur pagi jam 3an,terus setelah jam tidur udah kebali normal,aku g konsumsi lagi.
    Nah sekarang jam tidurku kacau lagi nih,jadi mau coba minum Lelap lagi,ga tau ya masih kaya’ dulu g,moga aja ngaruh.

  9. Tadi saya minum obat…. Udah 2jam tpi gk ngantuk” gimana donk??? Takutx mtr clo saya lagi berkendara tiba” tertidur….

  10. Klo kk gw malah bisanya tidur mulu,tiap kena bantal langsung tidur,maklum dia pengangguran,dalem sehari cuma melek 8 jam doang,sisanya 16 jam cuma dipake bwt tidur doang,ampun dah,biller namanya

    1. Iya nih. Aku juga. Kadang minum sampe dua, beberapa jam kemudian bisa tidur tapi cuma dua atau tiga jam.

    1. itu bener kali. buktinya ada di stripnya. bohong itu kalo lo ngerasain nggak ada efeknya. itu baru lo bisa bilang iklannya bohong.

  11. Sumpah. Ini ga efek. Malah bikin kepala pusing, perut ga enak. Mendingan valdres. Ga usa pake resep dan tidurnya enak.

  12. Saya minum 2 tablet lelap
    Gak berpengaruh sama sekali.
    Malah bawaanya lemas bgd.
    Apa mungkin insomnia sya sudah tingkat akut ya?

  13. bagaimana utk penderita gangguan lambung?usus (maag) apakah aman utk mengkonsumsi obat ini? mohon penjelasannya. trm ksh
    Malona

    1. Saya baru saja minum 4 butir obat lelap sekaligus sebelumnya belum pernah minum obat tidur..gak lama kemudian perut kaya kram..detak jantung melemah..apa bisa mati?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s