Moko Apt

Menebar Ilmu Pengetahuan

Tempe Sebagai Antikanker

1 Comment


Oleh: Sarmoko, Riosasti Almiyudha, Rosa Adelina

Penyakit kanker dikenal sebagai salah satu ancaman dalam dunia kesehatan karena sulit untuk dapat disembuhkan dan banyak berdampak kematian. Penyakit ini menjadi masalah dalam bidang kesehatan di Indonesia dengan angka kematian yang terus meningkat. Sebagian besar kanker pada manusia disebabkan oleh berbagai faktor dari luar tubuh sehingga dapat dicegah dengan mengendalikan faktor-faktor tersebut.

Banyak usaha terapi yang sudah dilakukan untuk menyembuhkan kanker seperti pembedahan, radioterapi, ataupun kemoterapi. Usaha-usaha pengobatan tersebut memakan biaya yang tidak sedikit, dapat menyebabkan banyak efek samping dan mempunyai risiko ketoksikan tinggi terhadap tubuh manusia. Oleh karena itu, sekarang ini banyak orang beralih kepada pengobatan-pengobatan alternatif antara lain dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tempe merupakan bahan alamiah yang bersifat sebagai agen kemopreventif terhadap penyakit kanker. Masyarakat dapat mengendalikan faktor-faktor yang besifat karsinogenik, baik yang datang dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh (faktor genetik).

Tempe mengandung senyawa isoflavon yaitu genistein, daidzein, dan glisitein. Genistein mempunyai aktivitas sebagai antikanker dengan cara blocking estrogen, menghambat angiogenesis, induksi apoptosis, serta menghambat aktivitas protein kinase. Untuk itu, dalam pencegahan kanker seseorang dianjurkan mengkonsumsi makanan berkedelai yang mengandung 20-200 mg isoflavon per hari.

Penelitian tentang kandungan tempe yang dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan telah banyak dilakukan tetapi sangat sedikit yang dipublikasikan kepada masyarakat luas. Dari banyak penelitian yang dilakukan oleh peneliti-peneliti dalam maupun luar negeri, telah menunjukkan bahwa tempe mempunyai zat aktif yang berfungsi sebagai agen antikanker.

Kata kunci: tempe, genistein, kanker

Author: admin

menebar ilmu pengetahuan

One thought on “Tempe Sebagai Antikanker

  1. congratulations

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s