Selayang Pandang Kota Purwokerto (Bagian 2)


[12 Desember 2012] Setelah judul yang sama (Bagian 1) dirilis bulan Juli 2011, kini tahun 2012 ternyata sudah banyak perkembangan di kota yang satu ini. Supaya in line dengan Bagian 1, pertama di bahas dulu Unsoed, lalu merambat ke tempat-tempat lain yang “cukup” menarik perhatian.

UNSOED di Tahun 2012

“Gila ya Unsoed, makin gede aja. Itu pertigaan jalan mau ke arah masjid Mafaza mau dibikin apa? Itu yang di depan gedung Farmasi mau dibikin apa” cerocos bu kost yang lagi nyapu halaman, menghadang kadatangan saya dari gerbang.

RSGM  unsoed dari farmasiYang jelas, Unsoed beberapa tahun terakhir geliatnya luar biasa, baik secara fisik maupun nonfisik. Dari segi fisik, yang paling mentereng adalah berdirinya RS Pendidikan Gigi dan Mulut atau RSGM di turunan kampus Karangwangkal. Gedung besar lantai 4 berdiri megah di pinggir, dengan latar belakang Gedung Farmasi 3 lantai yang juga ga kalah besar. Di depan Gedung Kesmas juga sedang berlangsung pembangunan, untuk kampus Perikanan dan Kelautan (kalo ga salah). Di pertigaan arah ke masjid Mafaza sedang dibangun gedung untuk Fakultas Ilmu Budaya. Sementara gedung-gedung lain yang sudah rampung dan tergolong baru yaitu Leb Terpadu Unsoed di belakang kampus Biologi dan gedung Leb Teknologi Pertanian, yang selesainya berbarengan dengan RSGM.

Itu dari fisik, dari segi nonfisik tengok saja website Unsoed. Sudah berubah total dibanding 2 tahun silam. Eye-catching dan selalu di update setiap hari. Kerja keras ini membuahkan hasil menempatkan Unsoed pada posisi 43 Webometric se Indonesia. Website di jurusan fakultas juga di upgrade dengan tampilan yang lebih menarik.

Peminat Unsoed lewat seleksi Nasional atau SNMPTN juga meningkat. Sekarang sebaran asal mahasiswa hampir dari 33 provinsi ada perwakilannya, berbeda dengan dulu yang didominasi Jawa Tengah dan Jawa Barat selatan saja. Nah, mulai dari sini, dengan mahasiswa yang lebih heterogen dan kompleks, banyak pendatang, memicu pertumbuhan-pertumbuhan baru di beberapa lokasi tertentu. Walau ga 100% dampak adanya perkembangan Unsoed mempengaruhi Purwokerto, hanya saja ada kontribusi cukup terhadap hal itu. Apa saja geliat Purwokerto di tahun 2012?

Hotel Aston Magnet Baru di Perempatan Ovis

Foto0324Proyek pembangunan hotel ini rampung sudah. Bangunan berlantai-lantai sekarang sudah berdiri songong memamerkan tata lampu yang emang bagus sih kalau malam. Ha..ha.. Titik tersebut telah disulap menjadi dunia glamor yang seolah-oleh “Ini kayak bukan di Purwokerto”. Nah, berdirinya Aston tidak menyurutkan Hotel sebelah yang sudah beken duluan, hotel Dynasty. Gak tau ceritanya bagaimana, mungkin untuk mengimbangi Aston, (mungkin) Dynasty menggandeng hotel luar untuk pengembangan, dan sekarang jadilah hotel di kawasan Dr angka itu berganti nama menjadi Hotel Horison. Saat ini, hotel tersebut juga sedang gencar-gencarnya membangun. Ada beberapa unit baru di bagian depan sedang dibangun dan berlantai-lantai juga, “Ga mau kalah dong ma Aston” kata Horison (mungkin).

Ada Apa Denganmu (nyonya) Elisabeth

Maksudnya RS Elisabeth gitu. Ya, RS yang beralamat di jalan Dr Angka (depan Horison) juga ga mau kalah dengan RS-RS lain di Purwokerto. Purwokerto ini emang aneh, kota kecil tapi kok RS nya banyak bgt. “Why in this town many hospitals? I am browsing at Google so many list hospitals here” begitu komentar Profesor Jepang yang kebetulan lagi diajak jalan-jalan abis ngisi seminar di salah satu universitas di Purwokerto. Teman saya menjawab, karena banyak Geriatri (simbah-simbah atau calon simbah) di sini. Banyak pensiunan atau orang-orang yang sudah lama sukses kerja di kota besar memilih Purwokerto untuk mengisi hari tua. Jadi, RS di sini siap menampung mereka jika terjadi apa-apa, hehe.

Kuliner di Gor Satria, Ketambahan Mr Burger

Ada pilihan baru bagi pencicip makanan yang ga ngeyangin tapi bisa juga buat penahan lapar bentar (tapi enak), Mr Burger. Pertama kali lihat launchingnya sekitar tanggal 5 November ini. Mr Burger, franchise laris di kota-kota lain, terutama Jogja, sekarang pun ikut meramaikan wisata kuliner di kompleks Gor Satria. Lokasinya di arah timur pintu keluar GOR. Pengen mampir juga, tapi masih rame aja sampai sepekan ini.

Sate Cak Aris, depan POM Bensin Arcawinangun

Foto0269Jangan melulu kalo ditanya sate paling enak di Purwokerto jawabannya Putra Saudara donk. Emang enak sih Putra Saudara (walau yang di depan SMA 2 tempatnya kecil), tapi sate yang ini juga gak kalah. Sate Cak Aris, warung tenda di depan Pom Bensin Arca juga patut dicoba. Warung kecil yang hanya buka soe sampai jam 21.00 selalu ramai, tapi tenang ramainya ga keterlaluan kok. Sate kambing 10 tusuk harganya lebih murah dibanding sate-sate yang lain, namun rasanya…Hmm, jangan di tanya. Mantap dah. Kalo di sini gak bisa pesen minum es teh ato jeruk, karena sudah disediakan air putih satu galon, free. Juga gak ada tukang parkirnya lho…

Sega Jamblang plus Nasi Rames depan Graha Unsoed

Foto0328Sega jamblang, nasi dibungkus pakai daun jati. Sebenarnya sih istimewanya itu saja, tapi pilihan sayur dan menunya komplit. Menu disebar di meja, ada sayur dan lauknya, mulai dari sayur kacang, pare, tahu, kering tempe, telor utuh sambel, teri, ikan-ikan, bakso, daging, hingga cumi, dan masih banyak lagi. Pertama kali ke sini di ajak mahasiswa, kok enak, kayak masakan ibu di rumah. Asli deh suer.. Dulu warung ini hanya di emperan trotoar saja, tapi sekarang sudah nyewa bangunan permanen, so lebih luas dan nyaman. Selain enak, dan tentunya MURAH, herannya lagi kok mobil-mobil banyak parkir di sini. Pas ke sana, selain ada mahasiswa juga banyak perjabat yang makan di sini. Wah..wah.. Penasaran?

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 12/16/2012, in PERJALANAN and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ditunggu mas, terutama info perkembangan Unsoed katanya mau bangun fakultas pendidikan ya. oh ya coba di ulas juga tentang hotel Dominic 8 lantai di jl kombas. STAIN 5 lantai. serta STT Tlekom 5 lantai. Rita Supermall 20 lantai.terima kasih…

    • ya mas, sabar ya..klo ada info2 lbh detil boleh tuh krm email materinya, utk sy olah jd postingan ttg perkembangan purwokerto (bagian 3)

  2. Bagus, teruskan memberikan informasi tentang kota Purwokerto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 148 other followers

%d bloggers like this: