Maguwo Ekspress: Pesaing Baru Bus Efisiensi


keretaujicoba460Jika selama ini pilihan Jogja Purwokerto-Jogja hanya jatuh pada pilihan Bus Efisiensi, sekarang sudah lain ceritanya. Setidaknya ada pilihan yang cukup menarik bagi konsumen untuk traveling rute Jogja-Purwokerto. Tertanggal 14 Agustus 2012, PT KAI Daop V meluncurkan produk barunya bernama Maguwo Ekspress, kereta super cepat, begitu klaim di situs resminya. Memang cepat sih, Jogja Purwokerto hanya 2,5 jam (2,5 jam ke Tugu, 2 jam 48 menit ke bandara), mengalahkan Logawa yang sekitar 3 jam, atau bus Efisiensi yang 4-5 jam. Kereta KRDE yang nyaman ber-AC, bersih, toiletnya juga oke, dan pastinya tetap HEMAT.

Beroperasi mulai jam 5 pagi, berangkat dari Purwokerto menuju Bandara Adisucipto, Jogja. Dengan kecepatan 90 km/jam, dan hanya berhenti di stasiun-stasiun besar saja yaitu Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo,  Tugu Yogyakarta, dan berakhir di stasiun Maguwo (tepat di depan Bandara). Balik lagi ke Purwokerto pukul 8.05, balik lagi ke Jogja pukul 11.00 dan pulang kandang ke Purwokerto lagi pukul 15an (masinis dan keretanya udah capek).

Harga yang ditetapkan sebenarnya lumayan mahal RP 80.000,-, tapi dari awal diluncurkan sampai 12 November nanti (atau Desember, lupa) masih pakai harga promo, cukup Rp 50.000,- saja. “Dengan harga ini konsumen bisa menikmati fasilitas kecepatan yang lebih, juga kenyamanan berkendara-tidak ada pengamen, banci, dsb-, tetap bisa buka laptop sepanjang perjalanan, eh tiba-tiba udah sampai saja di Stasiun Tugu” komentar salah satu konsumen yang setia pakai moda angkutan ini.

Bagaimana dengan nasib bus Efisiensi dan travel-travel lain donk? Sebenarnya sih tidak ngaruh-ngaruh amat, semua ada pasarnya sendiri-sendiri, karena semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Konsumen yang mau pakai pesawat dan terbang jam 9, tentu sangat diuntungkan dengan Maguwo Ekspress. Begitu juga konsumen yang mau ada acara di Jogja pukul 8, tentu lebih milih kereta ini dibanding naik travel di pagi buta, jam 2 pagi sampai Jogja jam 7 pagi.Konsumen yang rumanhnya jauh dari stasiun, mungkin tetap setia pakai bus Efisiensi, karena kelebihannya bus ini menyediakan bus shutle yang bisa mengantar ke lokasi-lokasi strategis.

Bagaimana dengan harga? Untuk masa promo, harga 50.000 jelas lebih menguntungkan, harga ini sama dengan Royal Class bus Efisiensi, tidak jauh beda dengan harga Travel, Cipaganti misalnya yang harganya 60.000. Namun kalau sudah ke harga normal yang 80.000, ga tau juga nasibnya gimana.

Daya tampung kereta misal 60 penumpang tiap gerbong, ada 4 gerbong berarti bisa angkut 240 orang sekali jalan. Jumlah ini setara dengan daya muat 8 bus efisiensi, atau 60 travel. Tapi tenang saja, kereta tidak pernah penuh kok, paling terisi 50-60% nya saja, jadi bus dan travel tetap tidak kehilangan konsumen. Mengganggu dikit, ya mungkin saja, tapi bus Efisiensi tetap kuat karena rutenya yang tiap jam bahkan setengah jam ada terus, berbeda dengan kereta yang jadwalnya cuma 2x sehari PP.

Bagi konsumen yang perlu akses cepat sampai, tentu lebih memilih kereta Maguwo Ekspress. Jika ada acara di pusat kota Jogja atau Purwokerto, stasiun Tugu dan stasiun Purwokerto aksesnya dekat sekali. Namun,  setelah tanggal 12 Nov ketika harga sudah tidak promo lagi, bagaimana nasib Maguwo Ekspress? Kita tunggu kabarnya, coming soon, nantikan di bioskop-bioskop kasayangan di kota Anda.

update 2013: Maguwo express sudah lenyap dan hilang dari peredaran. Keretanya dipake jadi rute Jogja-Solo (jadi Sri Wedari). Tahun 2013, PT KAI menaikkan harga kelas ekonomi misal Logawa yang semula 40.500 menjadi 100.000, sekarang kereta sepi. Kesempatan ini ditangkap oleh Efisiensi dengan menggemukkan jadwal yang semula berangkat tiap jam, sekarang menjadi tiap setengah jam. ck..ck…

Update 2014 : harga Logawa jadi 50.000 lagi, lebih nyaman sekarang.

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 10/14/2012, in PERJALANAN. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. pingin nyoba mas Mok…tapi ga sampe cilacap yah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 163 other followers

%d bloggers like this: