Bagaimana Cara Menuju Pondok Gontor 2 Putra?


suasan pondok gontor 2

Pendaftaran santri baru Pondok Modern Darussalam Gontor telah dibuka, dan dalam hal ini dipusatkan di  Pondok Gontor 2. Gontor 2 berlokasi di Desa Madusari, Kecamatan Siman, Ponorogo. Bagaimana mencapai lokasi tersebut? Gampang-gampang susah, perlu trik supaya perjanalan Anda efisien dan menyenangkan. Kalau naik mobil pribadi, sungguh tidak masalah. Pada postingan ini hanya untuk yang memakai angkutan umum.

Jika Anda dari Jakarta, naik pesawat, maka turunlah di Bandara Adisutjipto (Yogyakarta) atau Adisumarmo (Solo). Kalau dari Kalimantan turun di Bandara Juanda (Surabaya). Dari masing-masing bandara tersebut bisa naik taxi ke arah stasiun Tugu Yogyakarta atau Solo Balapan. Kereta api akan mengantarkan Anda ke Stasiun Madiun. Dari stasiun Madiun, lalu naik becak ke arah timur dan menunggu bus Madiun-Ponorogo yang keluar dari terminal (bus Cendana). Di sini bus Cendana tiap 15 menit lewat dan biayanya juga murah, 10.000 rupiah. Atau bisa naik ojek langsung ke Pondok Gontor 2 biaya 60rb. Atau sewa mobil angkutan sekitar 150-200ribu. (update januari 2014)

Setelah perjalanan sekitar 45 menit, sampai di terminal Ponorogo. Ambil saja bus arah Ponorogo-Trenggalek dan akan berhenti di perempatan Dengok. Setelah itu dari perempatan naik becak atau jalan kaki ke arah Pondok Gontor 2. Jaraknya sekitar 200 meter, sebelah kanan jalan. Sampai deh di Pondok Gontor 2.

Foto0021

Jika Anda dari Jakarta naik Kereta, maka pilihlah KA rute Jakarta-Surabaya, namun berhenti di Madiun. Langkah berikutnya sama dengan di atas. Bisa juga memakai Kereta Madiun Jaya (Manja) dengan harga lebih murah tapi nyaman, dari Yogyakarta/Solo. Keberangkatan KA Manja dari stasiun Lempuyangan adalah 10:13 harga 50.000. Kereta lainnya ada Kahuripan, Sri Tanjung, Logawa, atau Gaya Baru Malam. Rata-rata lama perjalanan adalah 3 jam.

Kalau naik kereta bisnis/eksekutif, waktu tempuh hanya 2,5 jam sampai Madiun (dari Yogyakarta). Kereta Mutiara selatan misalnya, harganya 9x lipat sih emang (180rb). Ini dia beberapa kereta yang melintas dari Jogja ke Madiun, Jakarta/Surabaya/Bandung ke Madiun. Kereta yang cukup murah dan cepat adalah kelas bisnis Sancaka Pagi, berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 7.15, harga Rp 80.000,-. Jadwal Kereta [Download: Jadwal Tiket Kereta Api Ekonomi Full 2014, Update 2014]

Jika Anda naik bus, bisa start dari terminal Giwangan (Yogyakarta) atau Tirtonadi (Solo). Naik saja Bus Mira AC, murah sekali hanya Rp 20.000 sampai Terminal Madiun. Setelah itu bisa naik bus Harapan Jaya AC (Madiun-Ponorogo-Pacitan) langsung bisa turun di depan pondok (jam-jam tertentu berangkatnya, pukul 11, 13, 15, dan malam), atau naik bus kecil-kecil Cendana (tiap 15 menit berangkat).

Namun kalau naik Mira AC akan lama sekali, bisa menghabiskan waktu 5,5 jam Jogja-Madiun. Karena kena lampu merah, naik-turunkan penumpang di jalanan, keluar masuk di terminal Solo, Sragen, Ngawi, Magetan, dan Madiun. Pake ngetem dulu di terminal Tirtonadi (Solo) dan Maospati (Magetan). Banyak pengamen, pedagang asongan, pengemis, dan peminta sumbangan.

Hal-hal lain yang perlu diketahui, di Ponorogo tidak ada taxi, angkutan umumnya yaitu angkot dan bus Jaya. Kondisi terminal Ponorogo cukup kotor dan tukang ojeknya “nafsu banget” sama calon penumpang, yah hati-hati saja. Ada juga bus dari Solo-Ponorogo via Wonogiri-Purwantoro dst, namun jalannya meliuk-meliuk dan lebih sepi, tapi lebih cepat (kayaknya, kurang tahu juga). Jika dari Pondok mau pulang ke Madiun misalnya, cegat aja bus yang langsung ke arah Madiun, bisa jalan ke perempatan Dengok, menunggu bus yang ke arah terminal Ponorogo atau menunggu bus dari arah pacitan atau Pacitan-Surabaya (lebih jarang lewat).

Perempatan Dengok

Perempatan Dengok

Sekilas tentang kota Ponorogo. Ponorogo termasuk kota yang kecil, plat motornya AE, sama kayak Madiun. Tidak ada macet, tapi polusi dari motor 2 TAK, masih banyak berkeliaran. Terakhir ke sana tahun 2006, sampai sekarang 2012 (6 tahun), belum banyak perubahan. Pembelah jalan yang ditanami pohon-pohon di tengah jalan ke arah Jetis/Pacitan, masih berwarna biru, alun-alun dengan banyak patung-patungnya, gedung bupati yang sampai 6 lantai, juga masih tetap sama. Di sini banyak sekali pondok-pondok pesantren. Dan makin kagumnya, di kota ini masjidnya bersih-bersih. Warga sekitar penduduknya masih seperti Jawa Tengah karena masih dekat dengan Wonogiri atau Solo, bahasa Jawa-nya juga masih sama kayak Jawa Tengah. Berbeda dengan Jawa Timuran lain seperti Pasuruan atau Surabaya yang sudah Suroboyonan.

Sekian  dulu, semoga informasi ini bermanfaat bagi para bapak/ibu yang ingin mendaftarkan anak atau saudaranya ke gontor 2 Putra.

Artikel Terkait:

http://moko31.wordpress.com/2012/06/07/pengalaman-mendaftarkan-calon-pelajar-di-gontor-2/

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 05/14/2012, in PERJALANAN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. ass,saya mantan capel tahun 1434 h,gimana kabarnya pomdok gontor dua madusari siman ponorogo

  2. ahmad husen

    Ass. Mau nanya,kabarnya ada buka gontor putra di riau pekanbaru. Apa benar kabar itu?tks

  3. Terima kasih Informasinya. Saya nak tahu di Pondok ini ada tahfiz Quran ngak atau pengajian akademik + agama. Mohon bantuan.

  4. anak saya msh kls 3 sd,rncn mau sy mskin di gontor nanti kalo smp,kira2 apa aja yg hrs dipersiapkan spy bs diterima?.pendaftaran apa inden / stlh lulus sd? kalo dr sragen naik bis bagaimana rutenya?mksh

  5. harappan dari pondok sibarkan sedikit tentang kegiatan kegiatan di pondok kerana kami disini igin juga tahu

  6. salam. saya dari malaysia ingin ziarah semarang , demak, kudus, seterusnya ke pondok gontor di ponorogo dan akhirnya ke pesantren persis bangil pada 30 oktober hingga 6 november 2012.

    Dari Kuala Lumpur , mungkin saya turun di Semarang atau Jogja. Bagaimanakah yang paling bagus ittinary nya. cadangan saya:

    1. Jogja ke semarang , ada direct bis ke? kalau ada termnal nya di mana dan berapa ongkosnya? ada kereta ke dari jogja ke semarang?
    2. Semarang Demak dan Kudus naik bis ke?
    3. Dari Kudus ke Ponorogo ada bis ke?
    4. Bagaimana kalau dari Kudus ke Solo, kemudian dari Solo ke pondok Gontor di Ponorogo dan dari ponorogo ke persis bangil? Mana yang paling bagus rutenya.

    Sekian makasih. wassalaam

    • Salam kenal. Sepertinya perjalanan yang menarik keliling jateng-jatim. Pertama, bapak mau naik maskapai apa? Jika rute pertama adalah Semarang dan ada maskapai yang turun di sana, lebih baik pilih Semarang. Jika tidak ada baru pilih Solo (Adi Sumarmo) atau Jogja (ADi sucipto). Dari Semarang bisa langsung ke Demak dan Kudus pakai bus. Itu satu jalur Pantura (pantai Utara). Dari kota tersebut jika ingin ke Ponorogo lebih baik ke SOlo dulu saja, bisa naik kereta di stasiun SoloBalapan atau Solojebres, turun di Madiun, lalu ke Ponorogo (Gontor) sesuai penjelasan di posting ini. Lalu mau ke Bangil? Bisa pakai Kereta, dari Madiun pilih kereta Logawa atau Sritanjung, turun di stasiun Bangil

  7. wahh informasinya sangat bermanfaat, kebetulan adik saya sekolah di gontor 2, dan lebaran haji ini sy ingin mengunjunginya, hehehe, terima kasih pak. :)

  8. SIIP BAGUS BANGET TRIMS

  9. Terima kasih informasinya, pak…

  10. Pak Sarmoko,
    Informasinya sangat penting dan mudah dipahami. Mohon ijin untuk saya posting di blog saya, dengan tetap Pak Sarmoko sebagai penulisnya.
    salam,
    Imam

    • Silahkan pak, dengan senang hati jika bermanfaat. Data ini hasil survey tanggal 13 Juni 2012 kemarin. Oya pak, boleh juga di kasih link artikel ini karena sering saya up date jika ada informasi tambahan yang baru/penting. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 148 other followers

%d bloggers like this: