Iklan Extra Joss Kalah Telak dengan Kuku Bima


Oleh: Sarmoko

Extra Joss dan Kuku Bima adalah merk terkenal minuman berenergi untuk meningkatkan stamina. Extra Joss hadir lebih dulu hadir dengan kemasan sachet berisi serbuk, rasa masam dan berwarna kuning. Kemudian hadir Kuku Bima keluaran Sido Muncul yang hadir dengan membawakan banyak pilihan rasa. Sebagian pangsa pasar Extra Joss tersedot ke Kuku Bima, dan bagaimana analisisnya telah di bahas pada artikel: “Evaluasi Hubungan Strategi Marketing Mix dan Kepuasan Pelanggan: Studi pada Kuku Bima Ener-G” (link). Pada tulisan ini tidak lagi membahas pertarungan kedua merk tersebut, tapi akan di bahas bagaimana perkembangan keduanya bertarung merebut pasar, dengan iklan-iklannya yang sering muncul sekarang?

Hadirnya Kuku Bima yang menawarkan pilihan rasa sempat membuat Extra Joss kelimpungan. Lalu, mereka membuat suatu formula selain rasa masam yaitu rasa anggur dan mangga dan kemudian dinamakan E-Juss, masih ingat produk ini diiklankan dengan bintang Sule’ (rasa mangga) dan Dude Herlino (rasa anggur). Tak lama, E-Juss yang kata teman kost saya rasanya mirip Marimas ini (Marimas adalah minuman sachet yang biasa dikonsumsi anak-anak) akhirnya pun meredup, dalam hal kemunculan iklannya di televisi.

Entah bagimana cerita selanjutnya, tampaknya Extra Joss kembali ke konsep awal, yaitu membuat minuman dengan rasa originalnya (masam) dan diminum oleh para lelaki. Digambarkan dalam iklan, sekelompok buruh bangunan memegang kantong plastik berisi minuman berwarna-warni dengan kondisi masih loyo dan tidak bersemangat. Barulah hadir, laki-laki membawa gelas berisi minuman kuning Extra Joss dan menyindir teman-temannya sambil berkata “LAKI, minum Extra Joss”. Ada juga versi iklan yang lain, dengan meng-endorse penjual jamu perempuan dengan gaya bicara yang agak “nakal” juga membawakan slogan, “Laki itu Laki, Laki ga minum yang rasa-rasa, Laki minum EXTRAJOSS !!”. Jika Anda perhatikan beberapa spanduk di pinggir jalan khususnya di Pulau Jawa, banyak tertulis “NELAYAN itu laki, PETANI itu laki, bla..bla..” yang menandakan makin jelas siapa segmen pasar yang dituju oleh Extra Joss saat ini.

Bagaimana dengan Kuku Bima? Dia sama sekali tidak terpancing dengan ulah Extra Joss dan tetap konsisten menggarap iklan yang berbeda dari iklan kompetitornya. Kuku Bima tidak mau mengikuti cara iklan provider seluler yang sering baku hantam dalam hal content iklan yang dibawakan. Masih ingat iklan Tolak Angin tentang pengenalan budaya Indonesia dengan menampilkan Reog dsb? Sepertinya, tema iklan tersebut terus diusung oleh Irwan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul untuk diterapkan ke produk andalan perusahaan tersebut, Kuku Bima. Setidaknya ada 4 iklan terbaru Kuku Bima yang sering muncul beriringan akhir-akhir ini, tema yang dibawa adalah Cinta Tanah Air Indonesia. Jadi selain meng-iklan, juga ada misi mempromosikan wisata Indonesia yang saat ini belum begitu populer.  Empat tempat tersebut adalah Papua, Ambon, NTT, dan Sumatra Utara. Digambarkan betapa indahnya tempat- tempat tersebut, kemudian ada satu versi iklan lagi yang berjudul “Kolam Susu”, kompilasi dari berbagai tempat, yang membuat merinding, apalagi dengan lagu latar Kolam Susu yang pernah dipopulerkan Koes Ploes ini.

Berbagai tempat yang dipromosikan adalah keindahan alam Labuan Bajo (ibukota Kabupaten Manggarai Barat dan merupakan pintu masuk ke Flores bagian barat). Iklan dimulai dengan keindahan alam pada saat matahari terbit, traveling dengan mobil, main caci yang merupakan tradisi masyarakat Ruteng di Bukit Batu Gosok, diving di Kanawa dan tidak lupa pengambilan gambar di pulau Rinca dengan binatang komodo-nya.

Dengan menggaet bintang terkenal seperti Denada dan Donny Kesuma, ditambah lagu pengiringnya pun tidak main-main, yaitu lagu daerah masing-masing wilayah tersebut sehingga makin merinding ketika orang melihat keindahan Indonesia. Lagu “Maluku Tanah Pusaka” untuk versi Maluku, lagu “Sik Sik Sibatumanikam” untuk Sumatra Utara, dan ada narasinya juga saat versi Papua, ditampilkan apik hasil garapan sutradara Iman Brotoseno. Selain 2 bintang di atas, juga menampilkan beberapa icon seperti Chris John sang juara tinju dunia, Ade Ray sang Binaragawan, dan Bambang Pamungkas sang juara sepak bola. Juga didukung bintang terkenal seperti Rieke Diah Pitaloka, Shanty, dan juga menggandeng Olga Lidya yang ditetapkan Kementerian Kebudayaan dan Kepariwisataan sebagai duta pulau Komodo.

Iklan seperti yang dilakukan oleh Kuku Bima adalah tergolong iklan yang sangat mahal dan jarang perusahaan mau melakukan hal ini. Selama ini iklan dengan tema Cinta Tanah Air masih didominasi oleh iklan rokok seperti Djarum dan Sampoerna. Sepertinya cara ini berhasil merebut hati masyarakat Indonesia. Seperti yang saya baca berbagai komentar dari Youtube dan Kaskus, mereka mengaku sangat takjub melihat iklan tersebut dan tidak mau mengganti chanel saat iklan-iklan ini lewat. Juga berhasil mengantarkan pesan nasionalisme kepada masyarakat, walau bagi mereka yang tidak menyukai minuman seperti Kuku Bima sekalipun. Pada bagian terakhir iklan, juga ada seruan dan ajakan untuk berwisata di negeri sendiri.

Iklan Extra Joss dengan tagline “LAKI minum Extra Joss” dan Kuku Bima dengan tagline “Rosa, dibaca Ruso, bahasa Jawa, berarti semangat, kerja keras”. Sebenarnya sih tidak ada masalah, semua produk mempunyai cara tersendiri dalam meng-iklankan dirinya. Namun, suatu hari setelah saya melihat iklan Kuku Bima, saya langsung SMS teman saya yang di Jepang “Iklan Extra Joss Kalah Telak dengan Kuku Bima”.

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 08/10/2011, in PHARM MARKETING and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. ita setyawati

    kritis mas moko…siippp!!!!!!!!!!!!! pa kabare mas???

  2. wiihh,,pengamatannya kritiss..tidak pernah terpikir untuk mengamati iklan seperti ini…
    like this..

  3. kalo adventure nya, menang iklan jarum :D
    sama sama mengusung keindahan alam indonesia :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 148 other followers

%d bloggers like this: