SAKIT TENGGOROKAN: FG Troches, SP Troches, Degirol, atau Strepsils?


Rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan sangat sering dialami baik anak-anak maupun dewasa, Mengapa? Banyak sebab, bisa karena tingkat polusi yang tinggi, gaya hidup aktif dan sering merokok, sering konsumsi minuman dan makanan yang kurang sehat serta berminyak.

Sebagian besar rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan disebabkan oleh radang tenggorokan. Untuk itu mari kita mengenal lebih jauh mengenai radang tenggorokan dan cara mengatasi rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan yang ditimbulkannya.

Obatnya apa saja?

Cara gampang dan murah adalah buatlah larutan garam, lalu buat dikumur. Larutan garam bersifat antiseptik yang cukup efektif untuk membersihkan mulut.

Degirol (Darya-Varia Laboratoria)

degirol 2

Tiap tablet hisap mengandung Dequalinium chloride 0,25 mg (1,1’-Decamethylenebis-(4-aminoquinaldinum chloride). Bahan aktif ini merupakan suatu bahan antibakteri dan antijamur yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri gram positif dan negatif, Borelia vincenti, Candida albicans dan bakteri yang resisten terhadap antibiotika. Tablet hisap DEGIROL untuk sakit tenggorokan serta mencegah infeksi pada selaput lendir mulut. Dengan rasa jeruk sitrun dapat diberikan baik kepada anak-anak maupun dewasa.

Indikasi: sakit tenggorokan; peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan seperti gingivitis, periodontis, pharyngitis, laringytis dan angina; infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.

Obat ini dikontraindikasikan bagi penderita yang hipersenstif terhadap dequalinium klorida. Juga, hindari pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang.

Aturan pakai: satu tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut. Ulangi setiap 3-4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dan ingat, jangan melebihi 8 tablet sehari.

SP Troches (Meiji Indonesia)

Sama-sama berisi dequalinium klorida 0,25 mg (antiseptik mulut dan tenggorokan). Bedanya dengan Degirol ada di varian rasa. Kalau Degirol rasanya cuma jeruk sitrun dengan kemasan warna kuning, SP Troches ada rasa melon, strawberry, dan kopi. Pemakaian sama dengan Degirol, di emut di dalam mulut sampai habis. Lalu harganya gimana? Kalo degirol dikemas dalam strip 4 biji harganya Rp 2400 jadi per tablet kenanya Rp 600. Sedangkan SP Troches Rp 9000/strip 12 biji. Jadi per biji kenanya Rp 750.  Yah, beda-beda tipislah. Sekarang mungkin pilihannya ada pada rasa dan kemasan per blisternya saja.

FG Troches (Meiji Indonesia)

fg_troches

Isinya antibiotik yaitu Fradiomisin dan Gramisidin. Wah antibiotik, bisa lebih ketat donk pemakaiannya? Ya emang, tapi lebih manjur. Lagian kedua antibiotik buat bakteri-bakteri lokal kok, jadi gak bahaya-bahaya amat. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Jadi dibiarkan kontak yang sering antara obat dengan “tempat infeksi dimana bakteri bersarang”. Jadi di emut, seperti ngemut permen.

Bentuk: sublingual tablet (kayak permen polo)

Indikasi: Gingivitis (radang gusi), stomatitis (radang rongga mulut), pharyngitis (radang faring/tekak), bronchitis (radang bronkhus/cabang tenggorok), tonsillitis (radang tonsil/amandel), Vincent’s angina (radang selaput lendir mulut dengan tukak berselaput), pharyngeal diphtheria, periodontitis of wisdom tooth (periodontitis geraham bungsu).

Dosis: 1 atau 2 troches, sedangkan untuk anak-anak 1 troches. Bisa dipakai 4-5 kali sehari.

Pemberian: Troches harus diemut dalam mulut atau di bawah lidah.

Kontraindikasi: jangan diberikan kepada pasien yang mempunyai riwayat reaksi hipersensitivitas pada komponen obat. Atau pasien yang mempunyai riwayat reaksi hipersensitivitas terhadap aminoglikosida seperti streptomsin, kanamisin, gentamisin, fradiomisin dan basitrasin.

Famakologi:
Fradiomisin dan gramisidin adalah antibiotik yang berakasi sebagai bakterisida (membunuh bakteri), aktif pada  terhadap Staphylococci.

Perhatian dan peringatan:

  1. Sebelum menggunakan produk ini, sebagai aturannya, cek dulu sensitivitas bakteri untuk mencegah perkembangan resistensi bakteri. Periode pemberian harus dihindari pada persyaratan minimum (Before use of this product, as a rule, confirm bacterial sensitivity to prevent development of resistant bacteria. The period of administration should be restricted to within the minimum requirement).
  2. Jangan berikan troches lebih dari 1 minggu (Do not administer the troches for more than a week).
  3. Jangan dilanjutkan pengobatan jika terjadi reaksi hipersensitivitas (Discontinue treatment upon the onset of hypersensitivity reaction).
  4. Penggunaan pada usia lanjut (Use in ederly). The product should be administered carefully to elderly patients, since adverse reactions such as avitaminosis are likely to occur.

Reaksi yang tidak diinginkan:
Black hairy tongue, oral mucosal redness, glossitis may infrequently occur. Rarely, symptoms of vitamin K deficiency, such as protrombinemia and bleeding tendency and of vitamin B deficiency, such as glossitis, stomatitis, anorexia and neuritis, may occur. These symptoms are likely to occur in poorly nourished, aged or emaciated patients.

Simpat pada tempat yang dingin dan kering (15 – 30 derajat Celsius).

Strepsils (Reckitt Benckisser Healthcare Mfg., Thailand)

Berbeda dengan yang lain yang merupakan kategori obat, yang satu ini merupakan permen/kembang gula. Strepsils mengandung zat yang dapat membantu melegakan mulut dan tenggorokan. Dapat digunakan oleh anak-anak maupun dewasa. Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. Namun, perlu diperhatikan juga pada anak-anak bisa menyebabkan tersedak.

Komposisi Strepsils yaitu 2,4-diklorobenzyl alkohol (dibenzal) 1,2 mg, amylmetakresol 0,6 mg, minyak pepermint, minyak terpeneless lemon, asam tartrat, sukrosa, glukosa cair, madu.  Kok bisa berwarna kuning mas? Iya soalnya mengandung pewarna Quinolin (Cl 47005) dan air. Tenang, ini pewarna yang aman kok.

Bagaimana untuk ibu hamil? Sebenarnya ibu hamil dihindarkan dari berbagai macam konsumsi obat. Namun jika kondisi sangat memerlukan obat sakit tenggorokan, maka pilihlah yang golongan antiseptik saja.

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 06/04/2009, in ARTIKEL SERI, Perbandingan Farmakoterapi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 107 Comments.

  1. Bagaimana jika sya hanya sariawan tetapi menkonsumsi antibiotik meiji ini ? ApAkah tidak berpengaruh pada sariawan saya ? Terimakasih

  2. Saya lagi coba mnggunakan. Fg troches

  3. Thx ya infonya,moga bermanfaat ini sy mau coba dulu

  4. Mau tanya, kalau minum FP Troches Meiji buat penderita alergi Sulfa (Amoksilin atau antibiotik) boleh??

  5. FG Troches apakah efektif untuk sakit tenggorokan yg disebabkan bakteri streptokokus?
    Kalau FG Troches itu termasuk antibiotik berarti harus ada ketentuan minimal penggunaan, misalnya 1 strip. Karena kalau kurang dari itu bisa jadi malah terjadi resistensi bakteri. Bagaimana kira2 admin?

  6. tenggorokan saya sakit, suara pun jd serak…di sertai batuk jg yg jarang”.
    apa FG troches cocok wt sakit yg saya alami?

  7. bolehkah konsumsi FG Troches bersama cefadroxil? makasih

  8. rahayu nurbaeti

    Klo bwt penderita asam lambung boleh ga ya??

  9. thanks atas infonya

  10. kurang lemocin dr Novartis

    • lemocin sudah ga keluar, krn isi 3 jenis antibiotik yg kalau pemakaian ngawur bisa bikin resisten obat antibiotik yg akhirnya kuman kebal

  11. sambil baca sambil ngemut perment meiji

  12. seperti yg didapat dr informasi karyawati Apotik di Pejagalan Raya (Apotik Perdana) beberapa menit yg lalu aku beli obat tsb,ternyata aman utk ibu hamil 9 bln,makanya aku beli elmpeng cm Rp.10600,- semoga az cepet sembuh istri temanku tsb….

  13. mo nanya, jika sering menggunakan antiseptik hisap ini apakah dalam jangka panjang akan ada efek samping yang membahayakan?
    trus apakah ada obat tradisional/alami yang bisa direkomendasikan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut?

  14. Lebih baik jika menjaga kesehatan kita sebelum kita sakit, dg cara olahraga yg teratur, pola makan yg teratur ,konsumsi makanan yg sehat dan tepat, dan konsumsi vitamin dan mineral. Namun kalau sudah terlanjur sakit, apalagi radang tenggorokan mau tidak mau kita hrs mengobatinya….saya mau berbagi sedikit pengalaman saya, jika anda radang, jgn langsung diberikan antibiotik. Jika msh gejala awal, spt tenggorokan sedikit kering, lbh baik segera konsumsi vitamin c, buah buahan dan perbanyak minum air putih. Hindari paradiigma sakit tenggorokan hrs dg fg troches, antibiotik, apalagi dexamethasone. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus (paling bnyk), bakteri,jamur candida, alergi. Salah pemberian obat bisa berdampak negatif. Pemberian antibiotik dan dexamethasone (steroid) justru akan menurunkan kekebalan imun kita dan dapat menyebabkan jamur makin tumbuh, so hati hati jika radang tsb karena jamur. Jika lidah kita terbungkus lapisan berwarna putih umumnya terinfeksii jamur, jika lidah berwarna kekuningan umumnya terinfeksi bakteri. Jika saya sudah terlanjur sakit radang, langkah pertama saya selalu tetap membiasakan minum air putih yg bnyk, vitamin c, buah dan istirahat ( cuti kerja klo perlu), kalau hingga 2 hari tidak ada tanda gejala lbh baik, saya segera check apakah ini krn alergi makanan atau obat2an atau lainnya, atau krn infeksi jamur atau bakteri. Jika hny alergi, saya selalu minum obat antihistamin, atau dexamethasone jika diperlukan,jika sampai demam tinggi, dan lidah berwarna kuning saya gunakan antibiotik golongan penisilin spt cefadroxil, bagi yg alergi penisilin bisa gunakan antibiotik golongan lain. Jika rasa sakit terus menekan , saya tambahkan parasetamol (nyeri dan demam)atau jika perlu saya pakai asam mefenamat (nyeri sekali). Biasanya setelah saya sembuh dr infeksi dr bakteri dg pengobatan antibiotik saya segera konsumsi yakult utk mengembalikan sistem ekologi bakteri yg baik, serta tidak lupa teta konsumsi vitamin c, dan retap rutin menggunakan antiseptic ( menghindari dampak dr pertumbuhan jamur). Dulu saya sering menggunakan FG troches, sebenarnya aman dipakai namun perlu diperhatikan dosisnya agar bakteri tidak mjd kebal, dan tetap gunakan antiseptic oral juga utk menghindari fungi dan mengurangi bakteri dlm mulut. Saran saya jgn menunggu sakit…..jaga kondisi tubuh….ingatlah selalu obat itu sama dg racun, jika salah penggunaan dan dosis bisa menjadi bumerang. Thanks

  15. johny goodbye

    ngerokok jisamsu 2-3 batang dan minum cocacola dingin pake es….malamnya akan tambah parah….tapi paginya malah jadi sembuh total

  16. kalau saya pakai daun saga alami tanpa efek sanping di peras dinum jadi.

  17. Kalo saya radang tenggorokan obat alami yang cukup manjur dan sudah saya sebarkan ke temen2 dan banyak mengaku cocok adalah campuran 1 sdt bubuk kayu manis dan 1 sdm madu, dicampur dengan air hangat dan BUKAN air panas.

  18. belinya dmn ya???

  19. Antiseptik buat ibu hamil yg seperti áρa̯͡ contohnya?

  20. waktu saya sakit tenggorokan ibu saya suruh saya minum FG troches. saya minum 3x sehari dan dalam 3hari saya sembuh. sekarang saya sakit tenggorokan lagi dan minum FG-troches lg.

    info diatas bagus. saya jadi tahu banyak tentang obat sakit tenggorokan dan pemakaiannya. I will share this.

  21. FG Troces di pakai 3 kali sehari…sebetulnya ada yang lebih bagus untuk Radang Tenggorokan yaitu Metil Predinsolo..tapi itu agak bahaya kalau di gunakan terus menerus

    • bahayanya karena itu golongan kortikosteroid, semua obat kimia kalau jangka panjang ga baik buat tubuh terutama ginjal dan liver, obat herbal pun kalau pemakaiannya ngawur juga gak bagus, misal minum herbal yang bukan ekstrak alias masih ada ampasnya, jangka panjang jika pencernaan usus tidak baik ampas akan mengendap di usus dan bikin usus hancur, sudah banyak kasusnya seperti tetangga saya ususnya hancur karena waktu muda suka minum jamu jamuan

  22. salah satu obat yang sering saya gunakan saat tenggorokan mulai rewel

  23. stiap skit tnggrokan sya psti mkan fg troches slma bbrp hr. itu ada efek sampingnya ga?

  24. Reblogged this on this is my blog, lucky you! and commented:
    Berhubung lagi musim sakit (Mei-Juni) karena musim pancaroba. Info ini sangat membantu untuk pertologan pertama jika sakit tenggorokan.
    Biasa saya juga makan FG troches. Sangat bermanfaat! Thanks

  25. Sebulan ini saya sakit tenggorokan masih belum sembuh juga. Salah saya jg sih, waktu belum sembuh total uda makan gorengan :p

    Skrg lg ngemut troches, baru tau klo dosisnya maks bisa 8, biasa saya cuma pakai 2-3x sehari, pantes ga sembuh2.. artikel ini sangat membantu. Thanks

  26. Kalo obat sakit tenggorokan dan batuk kering yang aman untuk ibu menyusui apa? Thanks….

  27. Pak saya mau tanya. Berarti satu strip harus habis ya? Mengingat itu antibiotik.

  28. Kalu untuk SP TROCHES Dequalinium Chloride Meiji,untuk anak 6tahun setengah&2tahun setengah dosisnya berapa ya? terima kasih

  29. Good

  30. Saya adalah pecinta FG troches -_______-‘ baru sadar kalau ini bersifat additive pas baca diatasnya.tp apa beda additive dg adiktif ya.well,saya punya tonsil(amandel) yang lumayan besar sejak kecil.umur 5tahun hampir dioperasi tapi engga jadi, kata salah satu dokter amandel gaperlu lah dioperasi2 segala,apalg tonsil tu punya fungsi sebagai tameng penyakit.Saya langganan sakit tenggorokan padahal saya suka banget nyanyi(nah lo).kalau sudah sakit tenggorokan,jangan tanya menyiksanya,banget.paling benci apalagi langganan.saya jg sering sakit sampai2 harus mengkonsumsi vitamin macem ester c tiap hari.ya jadi jarang sakit si tp ttep engga bisa ngelak, tiap tahun musti sakit.ya kalau tanpa ester c setahun bisa hampir 5 kali sakit(per sakit musti ke dokter dua kali lho dan butuh beberapa minggu,itu menyiksa).kalau pake ester c paling 1-2x per tahun sakitnya.
    Sekarang tonsil sebelah kiri malah ada putihnya,kata dokter,tonsilnya itu udah infeksi karena terkena jamur,antibiotikku pun engga sembarang dan dosisnya juga beda sama dulu-dulu,apalagi aku juga ada alergi dengan antibiotik golongan amoxilin.ribet pokoknya.
    Nah,kalau pas sakit tenggorokan menyerang, FG Troches biasanya jadi obat P3K yang lumayan ampuh.biasanya kalau sehari uda sembuh ,berarti gak parah dan gaperlu ke dokter tapi kalau sampai sehari lebih berarti ada sakit lain kyk skr, lagi flu juga kayaknya.ini hari ketiga aku sakit,aku minumi troches dan vitamin plus obat flu udah agak reda tapi besok pengen ke dokter.takutnya troches aja ga mempan ngusir bakteri.mungkin kalau virus doang bisa sembuh sendiri tapi biasanya aku mesti pake antibiotik.apalg aku liat pinggiran tenggorokan dekat tonsil memerah(meradang) gitu.aku kalau minum troches malah bisa langsung 5 tablet berturut-turut,tapi sehari gak lebih dari 8 biji seperti yang disarankan,ini baru isep 3 tablet.1 pagi, 2 malam(barusan).ya sudah enakan sih.semoga cepet sembuh.buat aku selama ini,engga ada masalah sama troches.aku kenal troches sejak smp mungkin.skr uda usia udah hampir 22 tahun.tp ya jarang2 si makenya.kalau pas sakit aja.tp emang ampuh buat P3K.kata dokter si,troches ya biasa aja.maksudnya ya gak yg membahayakan gt.wah kalau ada tanda obat keras kaget juga.soalnya aku lsg asal emut,tp ya itu td.untungnya engga perna ada masalah serius dg troches.lgan aku yakin lah,kalau emang troches membahayakan,dokter pasti akan melarang penggunaannya pas aku cerita pakai troches.contoh, ada salah satu produk minuman vitamin c yg sekarang beredar di pasaran, pas aku cerita aku pernah minum,si dokter cerita,itu sebenarnya krg bagus karena berlebihan dosisnya,nah pas cerita troches buktinya gak dilarang dan diceramahi aneh2.ini si cuma pengalamanku aja.hope it helps :)

    • hallo, jngn keseringan makan fg troches itu isinya antibiotik, walaupun dosis rendah suatu saat pasti ada kemungkinan terjadi resistensi obat, di dos nya aja sudah tergambar lingkaran merah dengan huruf K yang artinya obat keras.. sebisa mungkin dikurangi pemakaiannya,, coba mulai diganti dengan obat kumur mulut seperti hexadol, minosep, sanorin, cos kalau tenggorokan mulai gatal2 bisa semprotkan antiseptik mulut seperti orodin spray atau cooling spray, dan mulai biasakan mencuci tenggorokan/ kumur tenggorokan seperti kebiasaan orang jepang, caranya bisa liat di youtube, itu membantu sekali menghindari radang, kalau gosok gigi, lidah sama langit2 mulut di bersihkan juga, intinya jaga kebersihan mulut dan gigi, jngn suka makan gorengan, banyak minum air putih dan buah, usahakan jngn air es ya. Semoga membantu.

  31. kalo strepsil maksimal berapa ya sehari ? Rasanya enak sih jd pengen makan terus nih hehe

  32. kebetulan lagi kosumsi FG Troches nech soalnya sedikit sakit tenggorokan klo buat nelen plus flu pulak .. ,? biasanya berapa lama sih kita boleh kosumsi obat FG Troches ??

  33. Kalo jeruk nipis+kecap obat tenggorokan bukan ya??

  34. jimmy mathijsen

    Saya setiap terserang influenza/Flu, diiringi dengak sakit tenggorokan dan selanjutnya batuk berdahak. Apa teman2 ada yang tau obat yg manjur? Terima kasih.

  35. Kalo Suara Serek Boleh Pake Strepsils gk dok ????

  36. saya sudah 2 hari sakit tenggorokan, klw mau nelan sama buag ludah kaya ada yang mau keluar, amandel apa bukan ya.. tolong di berikan info obatnya dan tempat pengobatan yang efektif makasih banget ya.

  37. sy udah skit tenggorokan selama seminggu dan menjalar ke telinga….ud ke dkter..katanya infeksi..obat yg dikasi dkter udah hbis sy minum…tpi msi blum smbuh..sekarang lg coba minum air hangat pake jahe+madu..mdh2an berkhasiat…kira2 ad solusi lain?

  38. andre cahyono

    ass lamu ..nie saya sering kali sakit tenggorokan .radang tenggorokan dan saikt bnget kalo buat nelan .ya udahh..aku tak cb afg troches dl moga bisa sembuh…makasih…

  39. makasih banyak lo artikelnya

  40. buat saya kalau masih ringan mungkin sedikit membantu meringankan gejala, tapi kalau sudah parah dan tidak ingin kerjaan terganggu langsung aja pakai antibiotik.

  41. kalo saya sering nya makai Strepsils, sambil banyak minum air putih, hasilnya lumayan

  42. mksi wat info ny tp z hrap nie mnjur buat pcr ku..

  43. normauli_si.gadiez.imoet

    Terimakasih Infonya…

    Saya sering sakit tenggorokan..

  44. deddysurabaya

    saya radang tenggorokan, sdh sebulan lebih batuk2
    stlh minum FG TROCHES 3 kali sehari, dalam waktu hari sembuh

  45. wah,,, saya udah berobat kemana2 tapi gak sembuh2 ini radang saya alami lebih dari 4 bulan.. rasa leher ini penuh dengan lendir trus klo capek dikit badan terasa ngilu sangat terutama di belakang leher…..huuuhhhh semoga dengan obat ini saya dapat lebih abuk dan sembuh total aminn..!!! nais info

  46. dulu saya pernah sakit tenggorokan, berturut-turut sampai 3x ke dokter diberi antibiotik, anti batuk dan pilek… dan akhirnya saya menyerah…
    satu tahun berlalu,,saya tidak minum obat apapun sampai akhirnya saya minum madu,, alhamdulillah dalam seminggu sakit tenggorokan sembuh total.

  47. yang penting mulailah sesuai petunjuk dalam dos kemasan, gak mempan datang ke dokter.. jangan terusin, soal antibiotik yang dikhawatirkan para komentator para medis, harus dikonsumsi dalam waktu tertentu secara rutin, misal walau sudah merasa sembuh harus tetap minum obat sesuai dosis dan lama pemberian…. OK..

  48. dewi aria gegge

    sarmoko, lm knl aj, trims drugrecipe cuco boo..>dewi aria sKM,

  49. saya sakit tenggorokan lbh dari 1 bln, dah sering chekup ke dokter specialais THT, cuma hasilnya nihil… Rasanya leher kyk kecekik, sehingga menyebabkan susah untuk komonikasi…saya harus gmn ya..???

    • duuuh…mending ke dokter aja mb..
      diliat, apa memang butuh antibiotik pa ga..

      kalo mw yang natural si ga usah pake fg trochesan, ato amoxiciliin yang notabene antibiotik..mending minum jeruk nipis…

  50. Sdh menjadi naluri manusia melakukan swamedikasi ketika merasakan tubuhnya ada yg skt/tdk nyaman.dan yg plg bperan besar saat masyarakat ingin melakukan swamedikasi sblm memilih berobat ke dokter adalah apoteker.n bny alasan knp org memilih mencoba mlkn swamedikasi drpd berobat ke dokter,slh 1nya krn kterbatasan biaya.so,jgn menyalahkan aptkr krn mereka hanya membantu melakukan swamedikasi.pemberian informasi obt dan pemilihan obt yg tepat untuk swamedikasi adalah tgg jwb besar bt aptkr.aptkr jg harus th batas sy melakukan swamedikasi dgn melihat kndsi pasien,jika tdk memungkinkan dilakukan swamedikasi,wajib menganjuran pasien untuk berobat ke dokter.diagnosa cm dokter ahlinya,tp swamedikasi apoteker plg membantu.msh banyak hal yg masyarakat ketahui ttg apoteker,bkn cm memandang sblh mata.

  51. saya lagi sakit tenggorokan nie udh bbrapa hari ini,,kmrin2 ky yg udh sembuh tp hari ini kambuh lgi,,mlah bsa dbilang mkin parah,,,sakit nelen dan efek.x lngsng ke badan jadi gx enak.

    saya mau mempertegas lagi kl gejala sperti saya pke obat yg dsebutkan d atas gpp atw periksa dulu k dokter.

    kl bsa pke obat sperti yg d atas yg manjur apa ya??
    saya udah nyoba sterpsil tenyta gx terlalu ngefek!!

    mkasi!!!

  52. Kalo menurut saya sich lebih aman Sp troches, pemakaian boleh maximal 8 tablet / hari, karena hanya mengandung antiseptic dequalinium chloride 0,25 mg, bisa di pilih mau rasa strawberry, melon ato kopi, lebih aman untuk anak saya juga karena bentuknya yg bolong relatif lebih aman apabila anak saya tersedak masih bisa bernafas sebelum di bawa ke RS, intinya sih saya paling anti sm yg namanya antibiotik, emg reaksinya cepat tapi tetep aja yg namanya anti biotik cara kerjanya ke seluruh tubuh melalui aliran darah, kalo antiseptic hanya bekerja secara topical di permukaan yg sakit aja.., gitu loch mas..informasinya…

    • siipp anda benar sekali, kalau bisa reda dengan antiseptik mengapa dihajar dengan antibiotik, ini yg salah kaprah dimasyarakat, sedikit sedikit antibiotik, padahal tdk semuanya perlu antibiotik, seperti orng sakit pegel linu, diminumin supertetra, bukan 1 atau 2 lembar tapi cuma 1 biji. parah kann?? mas indra bukan topical tapi Local.

  53. aduh gw lg sakit tenggorokan nih. ni gw lg coba F.G Troches moga2x aja sembuh

  54. evi nuriyani

    nice article moko!
    Salam kenal !

  55. Apa apa efek sampingnya ga? Misalnya nyeri lambung, gangguan ginjal dsb. Trims.

  56. Mau sharing dikit. dulu saya kalo batuk dikit, sariawan dikit, ato radang selalu minum FG Troches. Pantesan aja ya seperti ketergantungan dgn FG Troches ini.. ternyata antibiotik.
    Alhamdulillah semenjak kenal Anion, tiap hampir sariawan ato batuk ato radang, pake Anion ini ilang sendiri. Dan imun tubuh saya jd bagus lagi karena ion negatif ini.

  57. Kalo saya:
    DEGIROL=untuk radang tenggorokan
    TROCHES = untuk membantu penyembuhan batuk, karena saya kalo batuk biasanya bandel
    STREPSILS pernah mencoba untuk radang tenggorokan namun tidak ngefek

  58. hiks.. jadi inget2 dulu.. 5 tahun jadi langganan FG Troches, makin lama makin sering aja sakit tenggorokan. udah stop makan cabe, minyak, merica dll yg kata dokter memicu sakit tenggorokan.
    sampe satu waktu tiap sakit tenggorokan papaku ngobatin aku kaya cara orang luar negeri ngatasi sakit tenggorokan. alami aja. ingetku dulu cm 2 kali aja sakit tenggorokan abis tu dah ga pernah lagi.
    ni udah 3 tahun ga pernah sakit tenggorokan lagi.. tiap makan tanpa pantangaaannn, menyenangkan sekali.
    ternyata setelah ngobrol ma temen2 dokter yg kerja d luar.. baru ngerti klo efek antibiotik itu emang gitu.
    dah.. yg penting dah bebas..

  59. Dikutip dari makalah dr wati SpAk. di milis sehat [EMAIL PROTECTED]

    SORE THROAT/PHARYNGITIS (Radang tenggorokan dan infeksi amandel)
    Penyebabnya umumnya infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri – self
    limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik
    Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus
    dan umumnya menyerang anak usia 4 – 7 tahun. Dengan catatan,
    diagnosisnya harus berdasarkan biakan usap tenggorok

    Tatalaksana
    a) Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di
    tenggorokan. Kalau anak sudah besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau
    mengisap lozenges. Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol
    b) Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan
    menghirup uap panas.

  60. Dikutip dari makalah dr wati SpAk di milis sehat [EMAIL PROTECTED]

    SORE THROAT/PHARYNGITIS (Radang tenggorokan dan infeksi amandel)
    Penyebabnya umumnya infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri – self
    limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik
    Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus
    dan umumnya menyerang anak usia 4 – 7 tahun. Dengan catatan,
    diagnosisnya harus berdasarkan biakan usap tenggorok

    Tatalaksana
    a) Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di
    tenggorokan. Kalau anak sudah besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau
    mengisap lozenges. Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol
    b) Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan
    menghirup uap panas.

  61. obat yg disebutkan diatas tadi boleh ga dikonsumsi ibu hamil?
    apa efek samping nya?

  62. Untuk FG Troches kan masuk kategori Obat Keras, berarti harus dg resep dokter. Kini orang bebas aja beli di Apotek, padahal kandungannya adalah Antibiotika yg bisa menyebabkan kuman resisten. Saya tdk tahu apakah obat ini sdh masuk daftar Obat Wajib Apotek, kalaupun iya, itupun hrs dibawah pengawasan Apoteker.
    Bentuk yg menarik, seperti permen ditambah rasanya yg lumayan enak, menyebabkan orang awam seenaknya saja dlm mengkonsumsi obat ini.
    Wahai para Apoteker, jangan sekedar jualan obat, masyarakat harus dibuat “cerdas”

    • pecinta Biokim inisial "Pogung Kidul no1 A"

      –sensor– Gak mungkinlah apoteker ngasih obat tanpa kesadaran dan pertimbangan keilmuan. Coba bayangin aja liat pasien tersiksa gara radang tenggorokan, -sensor–. Jdi ngapa gara2 dalam kemasan FG Troches ada lingkeran merah, didalamnya ada tulisan K, jadi gak boleh mengakses obat itu. –sensor–Trus apa salahnya kalo tuh obat isinya antibiotik –sensor–

    • kak,..,FG tu ada komplikasi yg lebih lanjut g???

      tapi q sering beliu FG buat obat kalo tenggorokan lagi gatel,.,.gimana kak,.,apa ada efek jangka panjangnya????

    • buat pecinta biokim..
      lu yang musti sopan..

      pa ahmad dinas bener kalee..
      kebetulan gw juga org medis..
      maksud dia tuh bener, tp kl ga mw dengerin nasehatnya ya udh..
      mw lo pake antibiotik tanpa anjuran dokter kek, terserah lo..
      yang penting kita2 yang org medis ga tanggung kedepannya…
      resisten- resisten dehhh…

      jgn salahkan kita kalo lo nanti ga ampuh lagi dengan obat yang beredar…

    • kepada para pembaca, demi tetap menjaga kesopanan, komentar dari pecinta biokim oleh admin di sensor sebagian. jadi masalah sakit tenggorokan memang banyak penyebabnya, jadi pengobatannya pun sesuai dengan penyebab kok bisa ya sakit tenggorokan. dengan menghindari penyebab maka gak muncul lgi di kemudian hari, nah kalo udah terlanjur sakit, mulailah dengan cara2 yg sederhana dulu. udah banyak jg tuh yg udah kasih cerita2nya. kalo emang udh sembuh tanpa obat ya ngapain juga mengambil obat??

  63. kalo aku pilih yg mana coba Mok???

  64. Kemarin aku kna radang tongsil/amandel,di bawah rahang sampe bengkak,sakit sekali buat nelan makanan,badan uda trasa demam, pokoknya gak enak buanget deh, iseng beli FG Troches, ternyata Ampuh bangeeeet,baru ngemut 2 biji (dlm rentan waktu 6 jam) tenggorokannya uda terasa plong, tapi hrs diimbangi banyak dgn makan banyak buah yg mengandung vit c, n minum air putih yg banyak, trus hindari makanan yg mengandung gorengan selama radang, di jamin sembuh dlm waktu 2 hari, smg info sharing ku membantu.

    anggi bali

  65. Thank’s ya

  66. knp tidak tercantum cara pemakaian,dosis yang d indikasikan dan obat anti biotik yang cocok untuk memaksimalkan dari FG TROCHES.thanks………

  67. masnya lucu gaya bahasanya enak, aku suka bacanya…. hehee… kereeeeen (^^)/

  68. LUSI SUSILAWATI

    Saya sudah dua hari sakit tenggorokan, barusan saya beli F.G TROCHES “MEIJI”. Saya sedang menyusui. Apakah obat tsb baik digunakan oleh saya?…Terima kasih..

    • Setelah saya cek di bagian precaution and warning, ternyata tidak menyebutkan larangan bagi ibu hamil atau menyusui. Jadi obat ini aman di gunakan pada kondisi ibu menyusui.

  69. klo lg batuk, sy sering gtel2 tenggorokn, kdang mpe perih, sakit,, klo paz kumat biasany cm ngonsumsi air ptih truz ngemut permen mint.. klo ga ya mnum obat btuk tp yg non alkohol..
    kmrin sy dbeliin strepsil,tp blm sy emut, truz sy bca komposisiny, ada diklorobenzyl alkohol.
    yg mo sy tanyain, diklorobenzil alkohol tu ada efek smpingny ngaa?? yg nmany alkohol kn setau sy bza bkin kantuk???.. truz dlm agm kn alkohol tu ga baexxxx????
    heee…hheeee….
    gtu ajj, maf eahh…. n thx bwt informziny….

  70. sya dah lama menderita sakit tengggorokan udah kedokter tapi ngak sembuh mungkin ada yang tau harus pake obat apa?

  71. thx ya, sangat berguna untuk mengobati adik yang sedang sakit tenggorokan. jika kita tahu obatnya tidak perlu ke dokter lagi kan, cukup beli di apotik. salam

  72. terimakasih infonya, saya rentan sekali terkena radang tenggorokan. cocoknya minum yang mana ya?

  73. tenggoroksn saya sakit seperti luka, apa obatnya ya?

  74. aq skt tnggorokn + keluar darah jg….
    baikny pake obt ap yaa??

  75. klu minum antibiotik harus diminum rutin,ga boleh putus selama 3 hari

  76. sudah 4hari saya radang tenggorokan, tp ga ada batuk, udah minum amoxilin, fgtroche, degirol tp kok ga ada yg mempan, ada rekomendasi obat lain ga ya? makasih

  77. Bwat fg throces dihisap 3 kali sehari,
    bwat yg tdk mempan isa gunain antibotik cefadroxil 500 mg 2 kali sehari.

    Mudah2an dpt membantu.

  78. tanda2 hipersensitif make sp troches apa y?

  79. dharma shantini

    thank bnget infonya…
    aq sering banget sakit tenggorokan..
    uda berkali2 coba FG Troches, tp knp slalu ga mempan ya..???? sakit tenggorokan ku ga ilang atopun mbaik saat aq mngkonsumsi Troches… kira2 knp ya..??
    bhkan akhir ini aq pernah coba strepsils, hasilnya, sakit tenggorokanku malah makin parah… =(
    ini kira2 knp ya..???
    mohon informasinya..
    thanks a lot before….^^

  80. thanks buat infonya..
    tapi saya mau tanya..
    untuk pemakaian FG TORCHES tu gmna ya??
    stiap 3-4 jam dan jangan lebih 8 tablet dalam sehari?
    benar bgtu??
    di harap ad balasan dengan baik..
    thanks..^^,

  81. tengkyu yach….

  82. Bagaimana pemakaian obat trouches buat ibu yang hamil..? ada sebagian yang melarang. apa akibatnya..ya…?

    • gimana pemakainannya untuk ibu hamil? bisa ngak minum nya di kombinasikan dengan obat-obatan yang lain?

  1. Pingback: strepsil aman kah? - IbuHamil.com

  2. Pingback: That’s why I don’t wanna be a doctor… | Ottyusar's

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 165 other followers

%d bloggers like this: