STIMUNO UNTUK KEKEBALAN TUBUH


Ekstrak meniran secara oral dapat mempengaruhi fungsi dan aktivitas kompenen sistem imun. Makin banyak pasukan sistem imun, makin kuat pertahanan tubuh Anda. Sistem imun kita bekerja seperti pasukan penjaga pertahanan tubuh. Stimuno mengandung ekstrak alami meniran yang terbukti klinis mampu memperbanyak antibodi tubuh sehingga sistem imun lebih kuat.

Indonesia adalah negara yang subur dengan berbagai keanekaragaman hayati yang memiliki banyak manfaat sebagai tanaman obat. Diperkirakan terapat sekitar 30 ribu spesies tanaman obat dan baru 950 spesies yang baru diteliti dan terbukti memiliki khasiat obat. Salah satunya adalah meniran (Phyllanthus niruri L.) yang terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ekstrak meniran sudah masuk kategori obat bersertifikat FITOFARMAKA dari BPOM bermerek Stimuno yang diproduksi oleh PT Dexa Medica. Dokter meresepkannya sebagai imunomodulator atau mampu memperbaiki sistem kekebalan.

Meniran mudah tumbuh di tempat yang lembab dan berbatu. Seperti di sepanjang saluran air, semak-semak dan tanah terlantar di antara rerumputan. Meniran adalah tanaman semusin, tumbuh tegak, bercabang-cabang dengan tinggi sekitar 30 -50 cm. Daun tunggal. Letak berseling. Daun berbentuk bundar telur sampai bundar telur sampai bundar memanjang, ujung tumpul, pangkal membulat. Buahnya berbentuk kotak, buah pipih, dan licin. Bijinya kecil, keras, berbentuk ginjal dan berwarna coklat.

Meniran yang digunakan dalam Stimuno harus jelas spesiesnya dan ditanam dengan GAP (Good Agriculture Practise). Setelah dipanen, meniran selanjutnya diekstrasi dengan metode yang tepat agar khasiat imunomodulasinya bisa didapatkan.

Proses standardisasi mutu meniran dan pengolahannya menjadikan produk memiliki kualitas yang teruji efikasinya melalui berbagai uji klinis yang dilakukan. Dari banyak kandungan kimia dalam meniran, yang dimanfaatkan yaitu flavonoid-nya. Sejumlah tanaman lain juga mengandung flavonoid, bedanya yaitu dalam meniran flavonoidnya lebih baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dari berbagai hasil penelitian diperkirakan bahwa ekstrak meniran dapat digunakan sebagai terapi ajuvan pada penyakit infeksi akut dan kronis seeti TBC, hepatitis, ISPA, herpes zoster dsb. Tidak seperti Echinacea yang hanya diindikasikan untuk pemakaian dalam waktu minimum 2 bulan, penggunaan meniran sudah diuji selama waktu 6 bulan dengan tidak memperlihatkan penurunan respon imun dan efek samping.

Flavonoid dari meniran bekerja pada sel-sel tubuh yang menjadi bagian dari sistem imun. Caranya dengan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel sehingga bekerja lebih optimal. Jika sistem imun  dalam sel berfungsi memakan fagosit, maka kemampuan ini akan meningkat. Jika fungsinya mengeluarkan mediator yang menambah ketahanan tubuh, hasil pengeluaran akan lebih baik.

Dalam berbagai penelitian di sejumlah RS di Jakarta dan Surabaya, terapi ajuvan dengan Stimuno berhasil mempersingkat lamanya pengobatan pada beberapa penyakit seperti TBC, hepatitis, candidiasis vagina (bakteri yang menyerang vagina), dll. Jika flu biasa membutuhkan waktu pengobatan seminggu, kini ada harapan dapat dituntaskan hanya dalam 3-4 hari.

Khasiat meniran sudah diuji lewat sebuah studi yang dilakukan dr. Zulkifli Amin Sp.P. Penelitian ini membawanya meraih gelar doktor dalam ilmu penyakit dalam di FK UI beberapa waktu lalu. Dalam disertasinya, Zulkifili mengatakan bahwa penambahan ekstrak meniran pada obat anti tuberkulosis paru pascaprimer dapat mendorong terjadinya perbahan pada BTA 3 kali lebih besar.

Berdasarkan penelitian ini, pemberian ekstrak meniran secara oral dapat mempengaruhi fungsi dan aktivitas komponen sistem imun. Di antaranya dalam produksi IFN-g (interferon gamma) dan TNF-a (Tumor Nekrosis Factor alpha). Peran sitokin – zat kimia yang dapat membunuh sel- IFN-g dan TNF-a telah dibuktikan para peneliti berefek langsung terhadap peyembuhan pasien TBC paru. Para dokter pun tahu, IFN-g dan TNF-a bermanifestasi terhadap konversi BTA di dalam sputum (dahak).

Imunomodulator ini diperlukan dalam kondisi kelelahan, kurang isitirahat, kurang istirahat, stress, bepergian jauh, kontak dengan penderita infeksi atau berada di tempat yang diserang wabah. Dalam pengobatan penyakit, kini imunomodulator juga diresepkan dokter sebagai terapi ajuvan atau pelengkap. Artinya, obat yang dikonsumsi sebagai penunjang obat utama. Bahkan diyakini bisa meningkatkan potensinya.

Sumber: Disertasi Dr. dr.Zulkifli Amin, Sp. P. Dalam OTC Digest

image source: http://www.stimuno.com/pictures/product/foto_stimuno.JPG

Berita terkait

18 Imunomodulator pilih yang mana?

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 04/29/2009, in ARTIKEL SERI, IMUNOLOGI and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. kemarin itu saya Flu, trus kemudian radang tenggorokan yang sakit bgtt, trus saya MInum Divens Plus 2 kali obat saja , itu radang dan Flu sembuh dIvens itu mengandung meniran dan Nigela Sativa ( Jinten Hitam ) yang berfungsi untuk menyembuhkan peradangan . Hebat bgtt Euy memang Meniran dan jinten Hitam ini.

  2. bisa buat ngobati alergi pda kulit gak ea… kan pnyakit itu jga kekurangan anti body.

  3. Mau tanya, sy setiap pagi da siang selalu bersin, yg berkepanjangan, sampai2 seperti mau pile. Apakah dapat membantu jika sy meminum imboost force atau stimuno.Terima kasih

  4. keren bo………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 164 other followers

%d bloggers like this: