18 Imunomodulator, pilih yang mana?


Immunomodulator adalah substansi yang digunakan yang mempengaruhi sistem imun. Secara umum ada dua kategori imunomodulator berdasarkan efeknya yaitu immunosuppressan and immunostimulator. Mereka mempunyai kemampuan untuk meningkatkan respon imun atau perlindungan terhadap patogen atau tumor (Alamgir dan Udin, 2010).

Imunostimulator adalah bahan yang dapat meningkatkan kerja komponan-komponen sistem imun. Sistem imun terdiri atas imunitas nonspesifik dan spesifik. Kedua sistem imun bekerja sama dalam mempertahankan keseimbangan badan. Penyembuhan infeksi akan lebih cepat bila fungsi sistem imun tubuh ditingkatkan. Berbagai bahan asal tanaman dapat memacu fungsi berbagai komponen sistem imun nonspesifik (fagosit, sel NK) dan sistem imun spesifik (proliferasi sel T, sel B yang memproduksi antibodi) serta produksi sitokin sehingga dapat digunakan dalam klinik sebagai ajuvan untuk meningkatkan penyembuhan berbagai penyakit infeksi (Baratawidjaya, 2006 ; Anderson, 1999).

Pertama artikel ini ditulis, terdapat 18 merek yang beredar di pasar. Namun hingga sekarang, produk terus bertambah dan pendatang baru semakin banyak bermunculan. Ada beberapa merek terkenal misal  Stimuno, Fituno, dan Imboost. Bagus yang mana, bingung masalah komposisi, sediaan, dan harga, pilih yang mana?

Pengalaman pribadi, dulu saat sakit flu badan terasa tidak enak. Kemudian, mau mencoba produk imunomodulator dengan tujuan supaya sistem imun meningkat. Mecoba mencari info-info produk peningkat sistem imun di MIMS. Pada halaman 319 (Edisi Konsultasi 2007/2008), produk imunostimulan masuk ke bagian Suplemen dan Terapi penunjang.

Banyak produk pada segmen ini, sempat bingung mana yang saya pilih? Sebagai sampel saya ambil 3 penjelasan produk yaitu Stimuno, Fituno, atau Imboost yang cukup populer ditelinga.

Produk imunomodulator rata-rata mengandung: Echinacea, meniran (Phyllanthus nurii L), zink, vitamin C, dan beberapa produsen yang menambahkan vit B, selenium, black elderberry, dan jamur. Sebenarnya sudah diketahui komponen-komponen di atas memiliki khasiat yang bisa meningkatkan sistem imun.

Echinacea

Merupakan primadona dalam meningkatkan sistem imun. Echinacea sendiri berperan untuk memodulasi sistem imun tubuh, menghambat enzim hyaluronidase yang berfungsi untuk mencegah penyebaran infeksi, menghambat enzim siklooksigenase dan lipooksigenase sebagai antiinflamasi, dan mengaktivasi fibroblast yang salah satu fungsinya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka.

Meniran

Tanaman ini khas Indonesia. Kandungan utamanya adalah flavonoid, antara lain, quercetin, qeurcetrin, isoquercetrin, astragalin dan rutin. Dexa Medica adalah produsen yang mengangkat tanaman ini hingga menjadi fitofarmaka.

Berikut sampel deskripsi produk.

Stimuno

Komposisi: ekstrak kering Phyllanthus nurii L.
Indikasi: imunomodulator, terapi penunjang pada infeksi bakteri dan virus. Dosis dewasa 3 kali sehari, dapat diberikan sampai dengan 30 hari atau lebih. Ada 2 bentuk sediaan yaitu kapsul dan sirup.

Fituno

Ini adalah produk dari Kimia Farma, mengkombinasikan meniran, Echinace, dan morinda (pace). Lebih komplit lagi dengan penambahan vitamin B kompleks. Tersedia dalam bentuk kaplet berwarna hijau yang dimasukkan dalam botol isi 30 kaplet.

Setiap kaplet mengandung:
Conc. Echinaceae Herba Extract 150 mg
Conc. Morindae Fructus Juice …………. 50 mg
Conc. Phyllanthi Herba Extract ………. 100 mg
Vitamin B1 ………10 mg
Vitamin ……….. 5 mg
Vitamin E ………. 5 mg

Imboost/imboost force

Imboost adalah produk dari SOHO, tersedia dalam dua bentuk sediaan, yaitu tablet dan sirup. Tiap tablet mengandung Echinacea purpurea 250 mg, zinc picolinate 10 mg. Sedangkan yang sirup tiap ml mengandung Echinacea 250 mg dan zink 5 mg. Varian lain yaitu Imboost force komposisi sama dengan imboost, tapi ada tambahan satu lagi yaitu black elderberry 400 mg dalam bentuk sediaannya kapsul dan sirup.

Indikasi: terapi suportif untuk menstimulasi sistem imun terhadap infeksi akut, kronis, atau kambuhan terutama infeksi saluran nafas dan genitalia seperti kandidiasis dan vaginitis.

Manalah yang lebih bagus, Echinacea atau meniran?

Bagus dua-duanya, tapi perlu dinggat bahwa  sediaan/suplemen Echinace tidak boleh untuk ibu hamil (pustaka ekinase tidak boleh untuk ibu hamil). Pada bagian kesimpulan tertulis:

In conclusion it should be stressed that pharmaceuticals containing Echinacea purpurea may influence fetal angiogenesis in murine experimental model and without further studies should not be recommended for pregnant women.

Bagaimana dengan harganya?

Memang bisa dikatakan obat yang mahal. Stimuno  harganya Rp 22.000 per 10 kapsul. Sedangkan imbost Rp 35.000 per 10 tablet. Sedangkan Fituno Rp 60.000 per 30 kaplet. Bila dikalkulasi harga sekitar Rp 2000-3000/tab.

Sebenarnya ada pro-kontra terkait imunostimulan ini. dr. Iwan dalam websitenya mengatakan Imboost dan sejenisnya sebenarnya adalah bukan obat dan tidak berefek.

Bahkan dari paper di jurnal memang ada kontroversi terkait kefektifan Echinacea terhadap sistem imun. Tapi mungkin penjelasannya Imboost dan sejenisnya bisa bekerja meningkatkan imunoglobulin (antibodi) dalam kondisi tubuh yang tidak begitu parah. Pada saat kondisi sedang drop, bisa dipicu pembentukan imunoglobulin. Namun jika sudah sakit, misal sakit DB (demam berdarah), obat ini memang tidak berefek. Semoga bisa menjawab kebingungan dari pembaca.

Beberapa produk dari produsen lain, sepeti berikut:

1. Biofos (Meprofarm) : Echinaceae ekstrak 250 mg, kurkuminoid 2 mg, fructo oligosakarida 300 mg, taurin 100 mg, dan ekstrak meniran 25 mg. Yang ini juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan. Bentuk sirup suspensi, Rp 30.000/60 ml.

2. Divens (Dexa Medica), komposisi sama seperti Stimuno tapi  dalam bentuk sirup 100 ml dengan harga Rp 19.500.

3. Eftian (Pharos), berisi Echinacea 500 mg, zink 5 mg, dan selenium 15 mcg (microgram). Bentuk sirup dengan harga Rp 33.000/60 ml.

4. Elanos (Kalbe), isinya black elderberry ekstrak 400 mg, vitamin C 100 mg, echinaceae 250 mg, dan zink 5 mg. Ada juga Elanos kids dalam bentuk sirup rasa anggur.

5. Hemaviton echinaceae plus (Tempo Scan Pacific): ekstrak Echinacea 150 mg, vitamin C 500 mg, ekstrak ginseng 20 mg, royal jelly 2 mg, zink 10 mg, beta-karoten 2500 iu, vitamin B 10 mg.

6. Hepimun (Landson): meniran 300 mg dan curcuma ekstrak 100 mg.

7. Imudator (Pyridam): polinacea ekstrak 200 mg, zink 10 mg, meniran extr 50 mg, jamur reishi extr 250 mg.

8. Imulan (Soho): meniran extr 50 mg, curcuma extr 300 mg, selenium 20 mcg. Tersedia juga dalam bentuk sirup.

9. Norflam (Solas): Echinacea extr dan vitamin B kompleks.

10. Primunox (Solas): Echinacea herba 300 mg, dan meniran herba 50 mg.

11. Proimbus (Meprofarm): Echinacea extr 170 mg, jamur reishi extr 85mg, ca-pantotenat 15 mg.

12. Proza (Landson): Echinacea 250 mg, vit C 250 mg, zink 10 mg.

13. Stamino (Tropica Mas Pharma): Echinaceae 250 mg, vit C 60 mg, L-glutamin 500 mg.

14. Starmuno (Kalbe): Polinacea (Echinaceae)200 mg, black elderberry 400 mg, vit C 100 mg, zink 5 mg.

15. Tribost (Ethica): Echinaceae500 mg, black elderberry 50 mg, meniran 100 mg.

Beberapa produk baru yang muncul yaitu Starmuno (Kalbe). Ada juga Sanbe yang makin gila dengan menggabungkan semua bahan dari produsen yang ada (Formuno). Ada juga Imunos dari Lapi yang harganya juga mahal. Hmm…

Daftar Pustaka

Alamgir, M., and Uddin, SJ., 2010, Recent advances on the ethnomedicinal plants as immunomodulatory agents, in Ethnomedicine: A Source of Complementary Therapeutics: 227-244 ISBN: 978-81-308-0390-6 Editor: Debprasad Chattopadhyay

Anderson WL. 1999. Introduction to the Immune System: Innate and Acquired Immunity. Dalam: Immunology. Fence Creek Publishing. Madison.: 7-22.

Baratawidjaja K. 2006. Sistem Imun. Dalam: Imunologi Dasar, Balai Penerbit FKUI, Jakarta, Edisi 7.

Artikel terkait:

Stimuno untuk kekebalan tubuh

About these ads

About admin

menebar ilmu pengetahuan

Posted on 01/26/2009, in ARTIKEL SERI, Perbandingan Farmakoterapi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 48 Comments.

  1. Km kurniawan

    Makasi penjelasannya…!

  2. Yang bagus yah… Yang menggabungkan semua bahan dari produsen yang ada yaitu produk Sanbe ( Capri ) namanya Formuno dan Formuno Extrac. Pake F yah. Bukan Pake P. He… :)

  3. wah bagus semua pembahasanya jadi menambah wawasan kita tapi we masihbingung berarti merek untuk imun yang baik yang mana yak he….

    • Yang bagus yah… Yang menggabungkan semua bahan dari produsen yang ada yaitu Sanbe namanya Formuno dan Formuno Extrac. Pake F yah. Bukan Pake P. He… :)

  4. Sy coba esberitox n, isinya:herba thujae occidentalis(white cedar leaf herb) 2 mg, radix echinacea purpureae 3.75mg( purple cone flower root), radix echinacea pallidae( pale cone flower root).375 mg, radix baptisiae tinctoriae(wild indigo root) 10mg.beli nya di mly,produksi schaper & brummer Gmbh&co .KG 38251 Salgitter, germany. Harga termasuk mahal, dikurs ke rupiah 100 tablets 1 kotak 180.000. Dosis 3tablet 3 times a day. Jd 100 tablet untuk 10 hari. Ada ga ya buatan lokal ?

  5. tidak semua Industri Farmasi yang PMDN bisa melakukan uji klinis. Hanya industri farmasi yang besar seperti Soho or Kalbe yg mampu melakukan itu. Lalu bagaimana dengan industri farmasi dibawah mereka? Sbenarnya harus dilihat dulu, bagaimna kebutuhan dari uji klinis tsb. Kalo misalnya, mereka mengambil bahan baku yg sama seperti Proza dan Starmuno, yang sama2 dari Indena, Italy (Polinacea TM) dan Indena nya sudah melakukan pengujian dan terbukti positif, skrg apakah perlu lagi dilakukan uji klinis ulang? Mungkin beda dengan industri farmasi PMA (Asing) yang punya duit banyak dan fokus tiap bikin produk baru harus research. Kalau PMDN hanya bisa me-too aja. Mencoba menjawab pertanyaan diatas,”Imunomodulator mana yg harus dipilih dari sekian banyak yg ada?”, kita tidak bisa men-judge yg ini lebih bagus dari yang itu, krn yg ini ada uji klinis nya sedangkan yg itu tidak. Proses membandingkan itu adalah dilakukan pengujian dengan kondisi yg kurang lebih sama dan dilihat efeknya bagusan mana?! Intinya, (misal) kalo ingin benar2 tau apakah Proza lebih bagus daripada Starmuno, lakukan trial ke masing2 10 koresponden dengan kondisi yg krg lebih sama, secara fisik dan mental, serta jangan lupa Placebo, lalu lakukan pengujian, dan kita lihat hasilnya. Bagusan mana. itu kan intinya? Kalo hanya krn industri farmasi yg ini melakukan trial sedangkan industri farmasi yg lain tidak, belum tentu yg ini lebih bagus dari pada yg lain.

  6. KL0 au tu pny pR0bLem gmpng bgt yg namanya flu..
    Skg saya mLe mnc0ba mngknsumsi Becom’zet dari SANBE..
    Kira2 kandungan dari vit itu sndri gmna yaa..

  7. kalo saya milih produk Kalbe Farma, namanya Starmuno, dia mengandung Polinachea, lebih bagus dari echinacea

  8. klo kandungannya Meniran, pilih STIMUNO. Alsannya perlindungan paten, soalnya STIMUNO yang uji klinis dan seharusnya dapatperlindungan paten, eh, pabrik2 lainnya seenaknya bikin produk yang sama dengan indikasi yang sama

    ini kan bikin orang malas meneliti. Boleh saja kita bilang banyak orang teracuni pemikiran barat. Tapi kita juga harus membuktikan obat2 herbal atau ekstraknya punya efek dan tingkat keamanannya sejauh mana.

    Gimana coba klo kita melakukan penelitian dan nemuin produk yang isinya misalnya kunyit yang nyembuhin kanker beserta cara pakai yang benar dan apa aja yang harus dihindarin, lengkap dengan formulanya, eh, beberapa lama kemudian, produk2 serupa bermunculan, padahal penelitian itu ga murah lho, bisa miliaran sampai triliunan

    terus soal Echinacea Purpurea, ini ada unsur politisnya, AS vs ERopa. suatu obat yang ditemukan di Eropa, diusahakan sebisa mungkin ga diluncurkan di AS, begitu juga sebaliknya, baca2 aja

  9. kalo meniran sama zinc gimana tuh kombinasinya ?
    bisa naikin imunitas gak ?
    terus kalo kombinasi ini bahaya gak ? ada efek samping gak ?
    ada bukti ilmiahnya gak buat kemanjuran dan efek sampingnya ? sudah diteliti belum yah ?

  10. Berbagi informasi :
    Saat ini sebenarnya ada sebuah produk yg bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh saja tetapi juga mampu menyeimbangkan sistim kekebalan tubuh dan memberi kepintaran atau intelejensi kepada tubuh sehingga produk ini sangat bermanfaat untuk banyak orang termasuk orang-orang yg menderita penyakit autoimun nama produk tersebut adalah Transfer Factor.
    untuk infonya bisa klik di http://www.4life-indonesia.co.nr/ atau bisa kirim email ke awi.4life@gmail.com
    Terima kasih

    • TEMAN SEJ(ER)AWAT

      Transfer factor yg diekstrak dari susu awal sapi, bagus sih tapi itu pseudoscience
      cuma hipotesis aja!!!!!!…angan angan seperti dukun di jalan2 yg bikin slagon/poster BISA MENYEMBUHKAN SEGALA PENYAKIT. Maaf deh kalo negatif feedback…Qta ini percaya bukti …bukan satu pasien sembuh lantas gembar gembor (yg meninggal & gak sembuh tidak dipublish) …MAAF bang….itu pembohongan publik
      Teman sejawat pasti tau untuk obat baru mesti ada jurnalnya!!! biar ada pun belum tentu dipecaya, apalagi yg ini gak jelas
      Untuk obat yg dikatakan DEWA tersebut gak ada JURNALNYA…gak bondo penelitian….cuma membanggakan diri saja..
      Penelitian satu jurnal pun mesti menggunakan statistic multi center, randomized, double-blind, placebo-controlled…..bukan satu pasien sembuh lantas digeneralisir BISA MENYEMBUHKAN SEGALA PENYAKIT…lalu harganya FANTASTIC
      Jurnalnya gak boleh satu aja….mesti minim 5 biji itupun masih dikatakan meragukan…makin banyak makin baik…..
      kalo pilek pake obat bodrex 500rupiah ngapain pake obat 500ribuan

  11. Ada satu lagi, namanya neoboost, keluaran Darya Varia. Dalam komposisinya ada tambahan propolisnya…..

  12. makasih info nya…..

  13. betul…dengan banyaknya tanaman asli indonesia mari kita teliti lebih lanjut sbg fitofarmaka..

  14. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  15. wira anggraini

    ternyata echinacea gak blh bt ibu hamil ya? tp kenapa teman saya yg sdg hamil diberi imunos oleh dokter kandungan nya, krna kondisi teman saya yg mudah sakit. jd bagaimana dgn teman saya. thanks ya info nya

    • iya, saya juga.. pas lg hamil 4bulan.. kena flu smp sesak napas.. sama dokter spog nya dikasih imboost force… tapi dosisnya 1x sehari… sama dikasi actifed yg hijau… dalam 2 hari lgsg hilang… baru tau klo ga boleh ya harusnya :?

  16. mana sih tentang tanaman paliasa???
    knp susah bgt nyarinya…….

  17. di majalah OTE DIGEST edisi 37 tahun IV 9 sept – 8 Okt 2009
    hal.46 – 47. saya sangat tertarik sekali tentang VIUSID ampuh meredam bakteri.

  18. bagaimana dengan VIUSID ???

  19. Walopun kena DHF semua immunomodulator pasti akan membantu, terutama penyakit2 yang disebabkan virus, karena pada dasarnya virus itu diobati oleh tubuh kita sendiri dengan imunitas yang baik.

  20. oya ttg kaloba, tuh merk keluaran pt phapros yg diklaim efektif utk ispa… jd sesuaikan dg kondisi penykt paiennya aja

  21. jd bingung ni…
    kesimpulannya
    yg mana yg hrs dipilih???

    • ya gak usah bingung… tinggal keperluannya apa sesuai kondisi sakitnya. yg bagus sih ada terutama ekinase/menirannya, plus ada Zn-nya

  22. [blockquote] Bagus dua-duanya, tapi inget, sediaan/suplemen Echinace gak boleh buat ibu hamil lho. Nih jurnalnya, download di sini. [/blockquote]

    Jurnalnya kok nggak bisa di donlut?

  23. Di apotek jaya buah batu bandung.starmuno kid satu btol 60ml 40rb.kapsul perbiji 6100.

  24. benar sekali, apalagi kalo SLE wow bahaya bgt. makanya di kemasan obat2 di atas ada peringatan tidak untuk orang ygmenderita gangguan imun

  25. Namanya adjuvant juga buat pelengkap,tapi hati-hati untuk penyakit autoimun seperti SLE. Imunomodulator dapat memperberat keadaan tubuh yang sudah terserang sistem imun sendiri.

  26. bunda.shidqi

    Terimakasih infonya..pas banget sama kebutuhan saya sebagai orangtua yg ingin tau merk imunibulator sebagai perbandingan. Karena dr.anak langganan memberikan imboost yg harganya muahal banget 70ribuan gitu. Untuk menstabilkan kondisi anak saya yg sempat dirawat intensif karena radang paru2. Saya berfikir positif dari kandungan extract berry-nya mungkin itu yg menjadikan efek antioksidan, sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
    Saya pernah dapat masukan dari salah satu dokter, memang penambah imun ini gak boleh dijadikan suplemen setiap hari dalam jangka waktu lama.
    Cukup habiskan 1 botol itu, selanjutnya ya jaga hidup sehat deh. Makan buah2an segar.

  27. semua cuma echinacea, kalo gw milih proza yang kandungannya polinacea yang merupakan produk berlisensi dari indena italy,
    dengan kandungan didalamnya echinacea, idn5405, isobutilamin 0,1%.

    idn5405 mempunyai kandungan polisakarida 200.000 dalton so otomatis imunitas yang dihasilkan juga besar,

    isobutil hanya 0,1% jadi tidal merusak usus

  28. Suplemen ato obat, yg nentuin bkn perusahaan farmasi, tp BPOM. sesuai namanya suplemen dipakai untuk terapi suportif, bkn terapi causal.
    khusus utk imunomodulator, produk ini hanya dipakai utk menyeimbangkan sistem imun yg terganggu (imunostimulan ato imunosupresi). dalam keadaan sehat, produk2 ini kurang bermanfaat.

    Echinacea, telah banyak diteliti & dipublikasikan di jurnal2 bergengsi, data lengkap silahkan search di pubmed.

    oke, terima kasih ibu atas info2nya. Coment dari pembaca yg budiman juga sangat diharapkan

  29. Gede Suardana, S.Farm., Apt.

    konsep pengobatan barat (western therapeutic medicine) memang telah meracuni mindset klinisi di seluruh dunia, sehingga setiap obat yang bukan dari bahan dasar kimia (semi sintetis/sintetis) dinamakan supplemen, padahal penemu obat-obat sintetis semula belajar dari budaya pengobatan timur yang terkenal konsep pengobatan tradisional dengan formula tradisional untuk tujuan pengobatan. termasuk imunmodulator yang sebenarnya sangant diperlukan untuk pengobatan pasien dengan gangguan sistem imun atau pasien yang terinfeksi virus. seperti HIV-AIDS yang menyerang sistem imun tubuh manusia, jadi harus ada imunmodulator untuk membunuh virus dari dalam dengan meningkatkan kinerja sistem imun dalam tubuh manusia. namun untuk memilih imunmodulator harus hati-hati, karena banyak pabrik obat mengkalim imunmodulator. sebagai bahan pertimngan dalam memilih obat-obat untuk imunmodulator, saya berikan tip sebagai berikut :
    1. lihat kandungannya
    2. lihat kekuatan ORAC nya (Oxygen Radical absorbance Capacity), berapa kali Vitamin C atau Vitamin E
    semoga bermanfaat.

  30. Saya baca artikel imboost adalah suplement (bukan obat) yang fungsinya sebagai Adjuvant (dipakai atau tidak, tidak berpengaruh apa2 terhadap penyakit) disimpulkan Echinacea tidak membuktikan fektif memperbaiki penyakit yang diderita. ( iwan darmansjah, MD : http://content.nejm.org/cgi/content/full/353/4/341 )

  31. terima kasih atas masukan dan informasinya. boleh dong berbagi jurnal/paper-nya. moko_31@yahoo.com (admin)

  32. pengamat kesehatan

    Saya pernah membaca penelitian terbaru tentang Echinacea yang selama ini banyak digunakan oleh dokter. Ternyata dari beberapa penelitian yang ada, terungkap fakta bahwa Echinacea :
    1. Ekstrak Echinacea tidak memberikan manfaat yang lebih baik bagi pasien yang menderita batuk – pilek (commond cold) dibandingkan dengan placebo.
    2. Pemberian ekstrak Echinacea Purpurea secara oral hanya memberikan efek yang minimal terhadap sistem kekebalam tubuh.

  33. sekarang ada produk baru Kaloba.. kandungan nya ekstrak akar pelargonium sidoides. lebih efektif dr golongan echinacea sebagai imunomodulator. setelah saya membaca penelitian nya ternyata selama ini golongan echinacea tdk ada manfaatnya sama dengan placebo. atau obat bohong – bohongan.

  34. ternyata echinacea tdk memberikan manfaat apa2..

  35. ya gak lah mbak. sante aja. gemuk tu kalo banyak makan alias ada kandungan curcuma-nya yg bisa naikin nafsu makan.

  36. bisa bikin gemuk gag??

  37. terima kasih pak atas masukannya..
    mari kita sama2 angkat tanaman Indonesia untuk menjadi Fitofarmaka

  38. Wah hebat nih hasil observasinya… Kalo menurut saya hingga saat ini, meniran masih yang terbaik selain aman dikonsumsi sifatnya juga sebagai obat dan maintenance juga sama baiknya.

    Disamping komposisi, faktor yang berpengaruh terhadap kekhasiatan secara keseluruhan ya otomatis proses dan sediaan secara keseluruhan.

    Fitofarmaka merupakan bukti uji klinis yang tertinggi untuk produk herbal. Artinya kekhasiatannya sudah sangat terjamin.

    • terima kasih pak atas masukannya..
      mari kita sama2 angkat tanaman Indonesia untuk menjadi Fitofarmaka.

    • anton haryanto

      Ini pengalaman pribadi.
      Dua hari yang lalu (hari jumat) saya mulai bersin2 dan rasa tidak nyaman sedikit sakit di tenggorokan. Saat istirahat badan sedikit terasa meriang. Saya pikir mungkin saya mulai terkena batuk-pilek atau ISPA. Hari itu jg sy hanya mengatasinya dengan minum vitamin c Super Ester-C.
      Hari ke- dua atau Sabtu. Sakit tenggorokan berkurang, namun cairan hidung bertambah banyak, encer, bersin2 dan meler tanpa sadar. Kepala sedikit pening. Sungguh merepotkan. Hari yg sama sorenya, saya beli Stimuno Forte untuk yang pertama kali dari semenjak mengenalnya. Jadi saya mulai mengkombinasikan minum Super Ester C dengan Stimuno Forte.
      Sabtu malam, saya tidur nyenyak, meriang hilang, sakit tenggorokan hilang, pening hilang, hidung masih pilek, namun cairan jadi mengental.
      Sekarang saat saya menulis ini, hari Minggu siang. Sakit tenggorokan hilang, meriang hilang, pening hilang, ISPA saya sepertinya mulai sembuh. cairan kental, jumlahnya sedikit. nafas mulai lega.
      Maaf bila isi cerita saya di atas kata2nya tidak berkenan/tidak sopan.
      Saya tidak bermaksud mempromosikan sebuah Merek tertentu.
      Semua cerita di atas adalah murni pengalaman pribadi.

    • terima kasih sharing pengalamannya..

  1. Pingback: tanaman obat zink - Share Free

  2. Pingback: Tentang Immuno stimulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 165 other followers

%d bloggers like this: